Beberapa Penyebab Kenapa Berat Badan Anda Cepat Naik

FARMASI-ID.COM > BLOG | FARMASI-ID.COM > Beberapa Penyebab Kenapa Berat Badan Anda Cepat Naik

Pertambahan berat badan merupakan kejadian sangat umum di masa dewasa. Hal ini biasanya berlangsung secara perlahan, paling sekitar 1 kg setahun. Diet yang hati-hati dan olahraga teratur dapat menghentikan kecenderungan ini. Kalau Anda mengalami pertambahan berat tubuh dengan cepat, pertimbangkan kemungkinan penyebabnya berikut ini:

  1. Perubahan diet – makin banyak mengkonsumsi alkohol atau soda, makanan kegemaran baru yang mengandung banyak lemak seperti es krim, roti manis atau goreng-gorengan misalnya, makin banyak ngemil, atau beralih ke makanan-makanan cepat atau siap saji.
  2. Berkurangnya kegiatan – adanya cedera yang menghambat gerak, pergeseran dari pekerjaan yang banyak kegiatan ke pekerjaan yang banyak duduk atau perubahan dalam kegiatan rutin seperti menggunakan tangga atau berjalan kaki ke tempat kerja.
  3. Obat-obatan baru – obat-obat tertentu dapat menyebabkan pertambahan bobot tubuh. Beberapa obat antidepresi dan hormon tertentu, termasuk estrogen, progesteron dan kortison, dapat menambah bobot tubuh.
  4. Perubahan suasana hati – terlampau cemas, stres, atau depresi dapat mempengaruhi kegiatan dan makanan yang kita konsumsi.
  5. Penumpukan cairan: penyakit seperti gagal jantung, ginjal atau tiroid menyebabkan menumpuknya cairan. Apakah ada pembengkakan jaringan pada anggota tubuh Anda, seperti cincin di jari atau sepatu yang jadi menyempit, kedua pergelangan kaki yang kian membesar, napas jadi pendek-pendek atau jadi sering pergi ke kamar kecil pada malam hari.

Jika kemungkinan penyebab di atas terjadi pada Anda, maka ubahlah diet dan tingkatkan kegiatan Anda.