BATU GINJAL

By | February 7, 2015 | FARMASI-ID.COM > Blog | Farmasi-id.com > BATU GINJAL


Batu ginjal adalah mineral padat berupa kristal yang terbentuk dalam ginjal atau saluran kemih. Batu ginjal menjadi penyebab umum dari darah dalam urin (hematuria) dan sering menimbulkan nyeri parah di perut, panggul, atau selangkangan. Batu ginjal kadang-kadang disebut renal calculi.

Nefrolitiasis adalah sebutan untuk kondisi memiliki batu ginjal. Jika di saluran kemih disebut sebagai urolithiasis, dan ureterolithiasis istilah yang digunakan untuk batu terletak di ureter.

Gejala

Sebagian batu ginjal ada yang sama sekali tidak menunjukkan tAnda-tAndanya (silent stones). Kebanyakan orang-orang yang terkena batu ginjal, sering menyampulaikan keluhan, tiba-tiba mengalami nyeri yang amat sangat, kram di pinggang (belakang dan atau sampuling), pangkal paha atau perut. Mengubah posisi tubuh saat nyeri, sama sekali tidak mengurangi rasa nyeri tersebut.

Tingkat nyeri ini menunjukkan tingkat keparahan penderita batu ginjal, pada kondisi tertentu, penderita bisa juga mual dan muntah. Ada yang bilang rasa sakitnya sangat luar biasa, bahkan ada yang mengatakan lebih sakit daripada patah tulang ataupun melahirkan.

Batu ginjal juga bisa menyebabkan adanya darah dalam urin, jika menimbulkan infeksi maka penderita bisa demam dan menggigil. Kadang gejala juga bisa berupa kesulitan buang air kecil dan nyeri pada pen1s.

Diagnosis

Diagnosis batu ginjal bisa diduga apabila terdapat pola khas gejala batu ginjal, dan tidak ada sebab/kondisi lain yang menyebabkan nyeri punggung atau perut. Tes pencitraan biasanya dilakukan untuk mengonfirmasikan diagnosis. Sebuah CT scan heliks tanpa bahan kontras adalah tes yang paling umum untuk mendeteksi batu ginjal atau halangan dalam saluran kemih.

Pada masa sebelumnya, sebuah pyelogram intravena adalah tes yang paling umum digunakan untuk mendeteksi batu saluran kemih, tetapi tes ini memiliki risiko lebih besar komplikasi, membutuhkan waktu lebih lama , dan melibatkan paparan radiasi yang lebih tinggi daripada CT non-kontras heliks scan. Helical CT scan telah terbukti menjadi alat diagnostik secara signifikan lebih efektif daripada IVP dalam diagnosis ginjal atau batu saluran kemih.

Pada wanita hamil atau mereka yang harus menghindari paparan radiasi,pemeriksaan USG dapat dilakukan untuk membantu memastikan diagnosis.

Penyebab & Faktor Risiko

Fakta 

Gejala umum, nyeri pada panggul dan (keadaan parah) ada darah dalam air seni  (hematuria). Batu ginjal terbentuk akibat penurunan volume urin dan atau kelebihan zat pembentuk batu dalam urin.

Dehidrasi merupakan faktor risiko utama pembentukan batu ginjal. Orang dengan kondisi medis tertentu, seperti asam urat , dan mereka yang terlalu sering minum obat atau suplemen juga berisiko terkena batu ginjal.

Faktor makanan dan turunan juga berhubungan dengan batu ginjal. Sebagian besar batu ginjal bisa keluar melewati saluran kencing dengan sendirinya.

Faktor Risiko

Siapapun sebenarnya bisa atau berisiko terkena batu ginjal, namun beberapa kondisi orang-orang tertentu dan mengonsumsi obat tertentu bisa lebih berisiko terkena batu ginjal.

Di negara-negara industri penderita batu ginjal lebih banyak daripada penderita batu kAndaung kemih, sebaliknya pada negara berkembang penderita batu kandung kemih lebih banyak daripada batu ginjal. Sementara para ahli berpendapat faktor makananlah yang menyebabkan perbedaan tersebut.

Sebuah riwayat keluarga atau faktor turunan juga bisa memperbesar risiko terkena batu ginjal. Batu ginjal lebih sering terjadi pada orang Asia dan Kaukasia daripada penduduk asli Amerika, Afrika, atau Amerika Afrika.

Penderita asam urat kronis juga berisiko terkena batu ginjal, karena adanya peningkatan jumlah asam urat dalam darah mereka (hyperuricemia).

Sebagian kecil wanita hamil (sekitar satu dari setiap 1.500-3.000 kehamilan) berpotensi batu ginjal, dan ada beberapa bukti bahwa kehamilan bisa meningkatkan risiko itu. Faktor-faktor yang dapat menyebabkan pembentukan batu selama kehamilan adalah melambatnya bagian dari urin karena kadar progesteron meningkat dan asupan cairan berkurang karena kapasitas kandung kemih menurun dari rahim yang membesar. Wanita hamil yang sehat juga mengalami peningkatan ekskresi (pengeluaran) kalsium dalam urin mereka.


Gaya Hidup & Perawatan di Rumah

Proses penyembuhan

Sebagian besar batu ginjal bisa melewati saluran kemih sendiri dalam waktu 48 jam, dengan asupan cairan yang cukup.

Perawatan di rumah dapat dipertimbangkan untuk pasien yang memiliki riwayat batu ginjal. Karena kebanyakan, penyembuhan batu ginjal adalah dengan “melarutkan batu” hingga bisa keluar dengan sendirinya, pengobatan hanya digunakan untuk mengendalikan gejala (nyeri punggung, perut dan nyeri saat kencing).

Perawatan di rumah dalam hal ini termasuk konsumsi banyak cairan. Ibuprofen (Advil) dapat digunakan sebagai obat anti-inflamasi jika tidak ada kontraindikasi pada penggunaannya. Narkotika dapat direkomendasikan, apabila obat nyeri biasa sudah tidak mampulu.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kemampuluan untuk sembuh. Berat dan tinggi seseorang, pembesaran prostat, kehamilan, dan ukuran batu. Sebuah batu mm 4 punya kemungkinan 80%, batu 5 mm memiliki kesempatan 20% sembuh tanpa penanganan khusus. Batu lebih besar dari 9 mm mm-10 jarang yang bisa sembuh tanpa penganan khusus.

Beberapa obat yang biasa digunakan pada batu ginjal adalah calcium channel blockers seperti nifedipin dan alpha blockers seperti tamsulosin. Obat ini dapat diresepkan untuk beberapa orang yang memiliki batu yang tidak cepat melewati saluran kemih.

Untuk batu ginjal yang tidak keluar dengan sendirinya, prosedur yang disebut lithotripsy seringkali digunakan. Dalam prosedur ini, gelombang kejut digunakan untuk memecah batu besar menjadi potongan-potongan kecil yang kemudian dapat melewati sistem kemih.

Teknik bedah juga telah dikembangkan untuk menghilangkan batu ginjal ketika metode pengobatan lain tidak efektif. Hal ini dapat dilakukan melalui sayatan kecil di kulit (percutaneous nephrolithotomy) atau melalui alat yang dikenal sebagai ureteroscope melewati uretra dan kandung kemih ke dalam ureter.

Pencegahan

Daripada harus menjalani pengobatan, yang terbaik adalah untuk menghindari. Anda bisa minum banyak air, karena dehidrasi adalah faktor terbesar penyebab batu ginjal. Orang-orang yang memiliki risiko batu ginjal kalsium oksalat disarankan untuk membatasi konsumsi makanan tinggi oksalat, seperti bayam, gandum, dan kacang.

[table “880” not found /]
[the_ad_placement id="konten-perusahaan"] [table “872” not found /]
[the_ad_placement id="referensi-pm"] [the_ad_placement id="referensi"] Berikan Ulasan Produk Ini [ratemypost]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *