ARTRITIS REUMATOID

By | February 7, 2015 |


Artritis reumatoid adalah kelainan inflamasi kronik yang umumnya menyerang sendi-sendi kecil di tangan dan kaki Anda. Tidak seperti kerusakan wear-and-tear pada osteoartritis, artritis reumatik menyerang lapisan dalam sendi-sendi Anda sehingga menyebabkan bengkak dan nyeri yang pada akhirnya menyebabkan erosi tulang dan deformitas sendi.  

Artritis reumatoid, sebuah kelainan autoimun, terjadi ketika sistem imun Anda menyerang jaringan tubuh Anda sendiri. Selain mengakibatkan permasalahan pada sendi, artritis reumatoid dapat menyerang seluruh tubuh dengan gejala demam dan kelelahan.

Artritis reumatoid lebih sering ditemukan pada perempuan dari pada laki-laki dan secara umum terjadi pada usia antara 40 dan 60. Penatalaksanaan terfokus pada mengatasi gejala yang muncul dan mencegah kerusakan sendi.

Gejala

TAnda dan gejala dari artritis reumatoid  adalah sebagai berikut:

·      Sendi terasa perih, hangat, dan bengkak

·      Kekakuan di pagi hari yang mungkin hilang setelah beberapa jam.

·      Jaringan benjolan lunak di bawah kulit dari lengan (nodul reumatik)

·      Kelelahan, demam, dan penurunan berat badan

Awalnya artritis reumatoid cenderung menyerang sendi-sendi kecil, khususnya sendi yang melekatkan jari-jari Anda ke tangan dan ibu jari Anda ke kaki. Selajutnya, gejala mulai menyebar ke lutut, tumit, siku, pinggul, dan bahu. Pada banyak kasus, gejala terjadi pada sendi yang sama di kedua sisi tubuh.  

TAnda dan gejala artritis reumatoid bervariasi pada tingkat keparahan dan dapat  bersifat hilang timbul. Periode peningkatan aktivitas penyakit, disebut flares, dan berganti dengan periode penyembuhan relatif yaitu ketika nyeri dan bengkak berkurang atau menghilang. Sejalan dengan waktu, artritis reumatoid dapat menyebabkan kecacatan dan pergeseran keluar sendi dari tempatnya.

Penyebab & Faktor Risiko

Artritis reumatoid terjadi ketika sistem imun menyerang sinovium yaitu bagian dari membran yang mengelilingi sendi. Peradangan yang terjadi menembalkan sinovium, yang pada akhirnya menginvasi dan menghancurkan kartilago dan tulang dalam sendi. Tendon dan ligamen yang mempertahankan sendi secara bersamaan melemah dan terenggang. Secara berangsur-angsur sendi akan kehilangan bentuk dan batasannya

Dokter tidak tahu kapan proses ini dimulai, walaupun komponen genetik tampulak berperan. Sekalipun gen Anda tidak benar-benar menyebabkan artritis reumatoid, mereka dapat membuat Anda lebih rentan terhadap faktor lingkungan seperti infeksi virus dan bakteri tertentu yang memicu timbulnya penyakit ini.

Faktor Risiko

Faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko artritis reumatoid  termasuk:

  • Jenis kelamin. Perempuan lebih mudah terkena artritis reumatoid  dibandingkan laki-laki.
  • Usia. Artritis reumatoid  dapat terjadi pada usia berapapun, namun lebih sering dijumpai pada usia antara 40 dan 60.
  • Riwayat keluarga. Jika seorang anggota keluarga Anda mengalami artritis reumatoid, maka Anda memiliki peningkatkan risiko terkena penyakit tersebut.
  • Merokok. Merokok meningkatkan risiko artritis reumatoid  pada beberapa orang. Berhenti merokok dapat menurunkan risiko penyakit tersebut.

Komplikasi

Artritis reumatoid  meningkatkan risiko untuk terkena:

  • Osteoporosis. Artritis reumatik sendiri bersamaan dengan obat-obatan yang digunakan untuk artritis reumatoid  dapat meningkatkan risiko terkena osteoporosis, sebuah kondisi yang melemahkan tulang Anda dan membuat mereka lebih rentan untuk mengalami fraktur.
  • Carpal tunnel syndrome. Jika artritis reumatoid menyerang pergelangan tangan, proses peradangan dapat menekan saraf yang mensarafi tangan dan jari-jari Anda.
  • Gangguan jantung. Artritis reumatoid dapat meningkatkan risiko pengerasan dan penyumbatan arteri, seperti juga inflamasi pada lapisan yang melapisi jantung Anda (perikardium).
  • Penyakit paru. Seseorang dengan artritis reumatoid dapat meningkatkan risiko inflamasi dan pembentukan jaringan parut pada jaringan paru, yang dapat menimbulkan kesulitan bernafas secara progresif.

Kapan Harus ke Dokter ?

Buat jadwal pertemuan dengan dokter  jika Anda memiliki rasa tidak nyaman dan bengkak pada sendi yang persisten.

Gaya Hidup & Perawatan di Rumah

Gaya hidup dan perawatan rumah

Anda dapat mengambil langkah perawatan tubuh jika Anda terkena artritis reumatoid. Langkah perawatan tubuh, saat digunakan bersamaan dengan obat artritis reumatoid, dapat membantu Anda mengatasi tAnda dan gejala:  

  • Latihan fisik rutin. Latihan fisik dapat membantu memperkuat otot di sekitar sendi Anda dan ini dapat membantu mengatasi kelelahan yang mungkin dirasakan. Periksa ke dokter sebelum Anda memulai latihan fisik. Jika baru mulai, awali dengan berjalan. Cobalah berenang atau melakukan kegiatan aerobik dalam air. Hindari latihan fisik pada sendi yang nyeri, luka, atau dalam masa peradangan yang berat.
  • Gunakan panas dan dingin. Panas dapat membantu menghilangkan nyeri dan mengendurkan ketegangan pada bagian otot yang nyeri. Dingin dapat menumpulkan sensasi nyeri. Dingin juga dapat mematikan rasa dan menurunkan spasme otot.
  • Relaksasi. Temukan cara untuk mengatasi nyeri dengan mengurangi stres dalam hidup Anda. Teknik-teknik seperti hipnosis, panduan perumpaan, tarikan nafas dalam, dan relaksasi otot, semua hal itu dapat dilakukan untuk mengontrol nyeri.

Pengobatan alternatif

Beberapa pengobatan komplementer dan alternatif yang terbukti menjanjikan untuk mengurangi artritis reumatik termasuk:

  • Minyak tumbuhan. Biji dari bunga primrose, minyak borage, black currant mengandung sejenis asam lemak yang dapat membantu mengatasi nyeri pada artritis reumatoid dan kekakuan pagi hari. Efek Samping yang timbul dapat berupa muntah, diare, dan penumpukan gas. Beberapa minyak tumbuhan dapat merusak hati atau mengganggu pengobatan, maka periksa dulu ke dokter sebelum penggunaannya.
  • Minyak ikan. Beberapa penelitian sebelumnya menemukan bahwa suplemen minyak ikan dapat mengurangi nyeri dan kekakuan pada artritis reumatoid. Efek Samping yang terjadi dapat berupa muntah, sendawa, dan rasa ikan pada mulut. Minyak ikan dapat bereaksi dengan obat-obatan, maka itu periksa dulu ke dokter sebelum penggunaannya.
  • Tai chi. Gerakan pada terapi ini termasuk latihan fisik dan peregangan yang dikombinasi dengan teknik pernapasan. Banyak orang menggunakan tai chi untuk mengurangi stres dalam hidup mereka. Pada beberapa penelitian sederhana ditemukan bahwa tai chi dapat mengurangi nyeri pada artritis reumatoid. Ketika dipimpin oleh seorang instruktur Andal, tai chi bersifat aman. Namun, jangan melakukan gerakan yang dapat menimbulkan nyeri.

Dukungan

Derajat keparahan artritis reumatoid dalam mempengaruhi kegiatan sehari-hari Anda bergantung pada seberapa baik kemampuluan Anda mengatasi penyakit ini. Bicarakan kepada dokter atau perawat tentang strategi untuk mengatasi hal ini. Seiring dengan waktu Anda akan menemukan strategi tertentu yang bekerja dengan baik pada Anda. Pada waktu tersebut, cobalah untuk:

  • Miliki kontrol atas diri Anda. Buatlah rencana dengan dokter untuk mengatasi masalah artritis Anda. Penelitian menunjukan orang yang mengontrol pengobatannya dan secara aktif mampulu mengatasi artritisnya mengalami nyeri yang lebih jarang dan kunjungan yang lebih sedikit ke dokter.
  • Temukan keterbatasan Anda. Istirahat ketika Anda merasa lelah. Artritis reumatik dapat membuat Anda mudah untuk lelah dan mengalami kelemahan otot. Sebuah istirahat atau tidur sejenak yang tidak menggangu waktu tidur malam Anda dapat membantu.
  • Berkomunikasi dengan orang lain. Buatlah keluarga Anda menyadari apa yang Anda rasakan. Mereka mungkin khawatir terhadap Anda namun tidak merasa nyaman untuk menanyakan rasa sakit Anda. Temukan anggota keluarga atau teman yang dapat Anda ajak bicara tentang perasaan Anda.  Selain itu, buatlah hubungan dengan orang lain yang juga memiliki artritis reumatik, baik berupa kelompok dalam komunitas maupun dunia maya.
  • Gunakan waktu untuk diri Anda sendiri. Mudah untuk menyibukan diri dan melupakan waktu untuk diri Anda sendiri. Sempatkan waktu untuk apa yang Anda sukai, apakah itu waktu untuk menulis catatan harian, pergi untuk berjalan-jalan atau untuk mendengarkan musik. Gunakan waktu ini untuk mengurangi stres dan mengekspresikan perasaan Anda. 

Komentar