7 Kebiasan Baik Untuk Mencegah Flu

Kalau Anda sering terkena flu, mungkin ada yang salah dalam kebiasaan hidup Anda sehari-hari. Terlalu sering minum obat flu tidak baik untuk tubuh, maka alangkah baiknya utamakan mencegah daripada mengobati. Dikutip dari laman health24, Jum’at (27/10/2017), berikut adalah 7 kebiasaan baik yang mampu melindungi diri Anda dari flu:

1. Bersihkan tempat kerja Anda.

Jika Anda bekerja di kantor, bersihkanlah meja, keyboard, printer, monitor dan hal-hal lain yang ada di dalam kantor yang sering Anda sentuh.

2. Cuci Tangan

Penelitian menunjukkan mencuci tangan mampu mencegah flu. Lakukan kebiasaan cuci tangan pada saat-saat berikut ini:

  • Sebelum, selama, dan setelah masak/menyiapkan makanan.
  • Sebelum dan sesudah makan.
  • Sebelum dan sesudah membantu orang sakit.
  • Sebelum dan sesudah merawat luka.
  • Setelah dari toilet.
  • Setelah mengganti pembalut.
  • Setelah batuk, bersin, dan mengusap hidung.
  • Setelah memegang hewan dan binatang.
  • Setelah menyentuh sampah.
3. Bersihkan HP (Handphone)

Handphone merupakan benda yang paling sering disentuh dan banyak virus dan bakteri yang melekat di sana. Bahkan ada penelitian yang mengungkapkan bahwa HP 10 kali lebih banyak mengandung bakteri daripada kursi toilet. Gunakan antiseptik untuk membersihkan HP. Hal itu juga dapat mencegah virus dan bakteri untuk menempel.

4. Konsumsi buah dan sayuran segar setiap hari serta tidur yang cukup.

Berbagai macam nutrisi yang terkandung dalam buah dan sayur dapat menjaga ketahahan tubuh Anda tetap kuat. Kurang tidur menyebabkan hipertensi, diabetes, dan serangan jantung, juga akan meningkatkan peluang Anda terkena flu.

5. Kurangi Stres

Stress dapat menyebabkan Anda menjadi mudah sakit. Jika Anda stres, sistem saraf akan menegang dan akan melepaskan hormon seperti adrenalin dan kortisol yang berefek negatif pada daya tahan tubuh.

6. Olahraga

Penelitian menunjukkan orang yang olah raga secara teratur daya tahan tubunya akan kuat dan melindungi tubuh dari risiko terkena flu hingga 50%. Tidak perlu ke gym, cukup jalan kaki secara rutin.

7. Tetap Hangat

Penelitian menunjukkan saat tubuh berada pada suhu normalnya, virus influenza tidak bisa menduplikasikan dirinya dan virus akan mati lebih cepat.

Suhu tubuh yang hangat akan melepaskan hormon bernama RNASEL yang mampu menyerang dan mengancurkan gen virus sehingga mencegahnya dari menduplikasi diri.. Jika suhu tubuh dingin, virus flu akan lebih mudah menyebar melalui udara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *