5 Tips Mencegah Risiko Kanker Prostat

By | February 15, 2015 | FARMASI-ID.COM > Blog | Farmasi-id.com > 5 Tips Mencegah Risiko Kanker Prostat

5 Tips Mencegah Risiko Kanker Prostat
5 Tips Mencegah Risiko Penyakit Kanker Prostat. Para pria memiliki kelenjar kecil yang bernama Prostat. Kelenjar kecil tersebut berada dekat kandung kemih. Kelenjar tersebut bisa menjadi berbahaya yang biasa dikenal dengan sebutan kanker prostat. Namun untuk mencegah terjadinya penyakit kanker prostat, kita dapat melakukan beberapa tips perubahan gaya hidup. 
Berikut adalah tips gaya hidup yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan prostat sehingga dapat mencegah kanker prostat seperti dilansir Health Liputan 6.
1. Menu makanan sehat
Ubah pola makan Anda dengan makanan yang sehat dan seimbang. Banyak mengonsumsi buah-buahan, sayuran, dan makanan yang mengandung protein. Cobalah memilih sayuran yang berwarna merah, karena sayuran tersebut mengandung lycopene yang merupakan antikarsinogenik.
Hindari juga mengonsumsi daging merah terlalu banyak. Dan konsumsilah daging ikan sebagai pengganti daging untuk asupan protein.

Selain itu kacang kedelai juga baik untuk dikonsumsi karena dapat menjaga prostat tetap sehat. Anda dapat menemukan olahan kedelai dalam bentuk tahu tofu, susu kedelai, tepung dan kacang kedelai.

2. Olah Raga
Berolah raga secara rutin merupakan hal terpenting untuk menjaga kesehatan prostat. Bagi orang gemuk, perkecillah ukuran tubuh dengan diet sehat dan berolah raga. Cobalah untuk melakukan latihan kegel setiap hari, yang dapat mengencangkan otot-otot di sekitar alat reproduksi.
3. Hindari merokok dan minum alkohol
Sebaiknya hindari alkohol dan rokok, karena dapat merugikan kesehatan dan dapat memicu risiko sejumlah jenis kanker lainnya.
4. Batasi konsumsi gula dan garam berlebih
Batasilah makanan dengan mengurangi garam dan gula berlebih. Atau dapat dengan memilih makanan rendah sodium. Hindari makanan yang diawetkan atau cepat saji karena memiliki kandungan sodium sangat tinggi.
Untuk mengurangi asupan gula, hindarilah minuman manis seperti minuman dalam kemasan dan minuman ringan, serta minuman yang bersoda.
5. Konsultasi dokter
Sempatkanlah waktu Anda untuk melakukan pengecekan prostat ke pada dokter ahli. Sehingga dapat dengan mudah diketahui gejala dan risiko terkena kanker prostat. Begi mereka yang telah memasuki usia 50 tahun, sebaiknya melakukan pemeriksaan dubur setahun sekali.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mencegah terjadinya risiko terkena kanker prostat. Semoga bermanfaat.

Powered by Farmasi-id.com

[table “880” not found /]
[the_ad_placement id="konten-perusahaan"] [table “872” not found /]
[the_ad_placement id="referensi-pm"] [the_ad_placement id="referensi"] Berikan Ulasan Produk Ini [ratemypost]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *