5 Fakta Penyakit AIDS yang Perlu Diketahui

By | February 15, 2015 | FARMASI-ID.COM > Blog | Farmasi-id.com > 5 Fakta Penyakit AIDS yang Perlu Diketahui

5 Fakta Penyakit AIDS Diketahui
AIDS | photo:le-blog-sam-la-touch.over-blog
5 fakta penyakit HIV AIDS yang perlu Anda ketahui. HIV adalah jenis virus yang mengincar sel-sel sistem kekebalan tubuh yang dapat merusak system kekebalan tubuh penderita. Hal ini membuat penderita semakin lemah dan rentan terhadap infeksi hingga akhirnya infeksi HIV berkembang menjadi immunodeficiency syndrome (AIDS).

Telah diketahui bahwa penyakit HIV AIDS belum ditemukan obatnya, sehingga perlu untuk mengetahui lebih lanjut tentang penyakit ini. Seperti yang dilansir oleh Detik Health berikut fakta-fakta dari HIV :


1. HIV menyerang dalam waktu yang lama

Banyak penderita yang tidak menyadari ketika mereka serang virus HIV karena butuh waktu lama untuk melihat gejala-gejala yang muncul. Gejala demam, sakit kepala, dan sakit tenggorokkan dapat muncul pada minggu-minggu awal dan rawan diduga sebagai penyakit lain seperti influenza. 
Virus HIV secara perlahan merusak system kekebalan tubuh dan perlu waktu 2 sampai 15 tahun sampai imunitas tubuh penderita benar-benar rusak dan infeksi berkembang menjadi AIDS. Setelah itu tahap tingkat lanjut dari infeksi HIV adalah membuka kemungkinan terhadap lebih dari 20 infeksi lainnya dan memperbesar munculnya kanker.
Penyakit lain yang menyerang penderita HIV harus diberikan penangan, karena tanpa imunitas tubuh, tiap penyakit yang menyerang sebagian besar dapat berakibat fatal.

Baca juga : Pengertian penyakit HIV-AIDS mulai dari gejala hingga penanganan


2. Menular lewat kontak intim

Virus HIV  menular dengan cara pertukaran berbagai cairan tubuh dari orang yang terinfeksi seperti darah, air susu ibu, air mani, dan cairan vagin4. Namun HIV tidak dapat tertular melalui hubungan sehari-hari seperti berciuman, berpelukan, berbagi barang pribadi, berbagi makanan, dan berbagi minuman.

Untuk mencegahnya sebaiknya menggunakan pengaman saat bercinta dan penggunaan jarum suntik yang steril.

3. Sub-Sahara Afrika penderita terbanyak

Sub-Sahara Afrika merupakan daerah yang paling banyak penderita HIV dengan jumlah pengidap menkapsulai sekitar 24,7 jiwa. Daerah sub-Sahara Afrika juga dilaporkan menyumbang sampai 70 persen angka kasus HIV baru di seluruh dunia pada tahun 2013.

4. Penyakit dengan korban terbanyak

HIV masih diperingkat pertama sebagai penyakit yang paling banyak memakan korban, menurut WHO. Jumlah korban penyakit ini lebih banyak jika dibandingkan dengan virus lain seperti Ebola yang baru-baru ini menggemparkan dunia.

5. Sunat dapat cegah HIV

Penelitian yang dilakukan oleh WHO bahwa sunat dapat menurunkan risiko infeksi HIV sampai 60 persen. Hal ini karena kulit luar pen1s (foreskin) memiliki banyak sel yang menjadi target HIV, sehingga membuangya dapat mencegah penularan.

Itulah 5 Fakta Penyakit HIV AIDS yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Powered by Farmasi-id.com

[table “880” not found /]
[the_ad_placement id="konten-kandungan"] [the_ad_placement id="konten-perusahaan"] Berikan Ulasan Produk Ini [ratemypost] [the_ad_placement id="konten-kategori-obat-dan-penyakit"] [table “872” not found /]