14 Tips Mencegah Osteoporosis

By | February 15, 2015 | FARMASI-ID.COM > Blog | Farmasi-id.com > 14 Tips Mencegah Osteoporosis

14 Tips Yang Dapat Dilakukan Untuk Memerangi Osteoporosis. Osteoporosis adalah penyakit dimana tulang menjadi sangat lemah dan rapuh. Orang dengan osteoporosis memiliki peningkatan risiko untuk patah tulang, bahkan dari jatuh atau kecelakaan kecil. Hal ini selalu dianggap bahwa perempuan tua sangat rentan terhadap osteoporosis, namun hal ini tidak benar. Kerusakan tulang dimulai pada usia dini. Dalam rangka mempertahankan tulang yang kuat dan sehat dan mencegah osteoporosis, Anda perlu mengambil tindakan tertentu dari usia dini.
Dibawah ini adalah beberapa tips pemilihan makanan untuk mencegah osteoporosis seperti yang dilansir oleh healthmeup.

1. Susu dan produk susu

Sertakan sebagian lemak sehat dari susu dan produk susu rendah (keju, yogurt, paneer, susu bubuk skim) dalam makanan Anda. Kalsium dan protein dalam susu membuat tulang kuat dan sehat.

2. Kacang

Konsumsi segenggam kacang setiap hari memberikan tubuh Anda dengan mineral yang diperlukan seperti kalsium, magnesium, mangan dan fosfor. Almond dan Pistachio khususnya merupakan sumber kalsium yang baik.

3. Sayuran

Sertakan brokoli, kubis Cina, kembang kol, bit dan okra dalam menu harian Anda untuk memperkuat tulang Anda.

4. Ragi

Ragi memiliki sekitar 330 mg sampai 350 mg kalsium per 100gms berat keringnya yang membuatnya salah satu yang paling dicari setelah sereal untuk meningkatkan kesehatan tulang.

5. Kurma

Kurma sumber yang sangat baik dari kalsium dan mangan. Kandungan tembaga dan magnesium dalam kurma membantu dalam meningkatkan kepadatan mineral tulang.

6. Sinar Matahari

Sinar matahari bukanlah sebuah makanan, namun ini salah satu tips memperkuat tulang Anda. Beberapa jumlah paparan sinar matahari diperlukan untuk memproduksi vitamin D dalam kulit kita. Vitamin D bersama dengan kalsium membantu dalam memperkuat kesehatan tulang.

7. Buah

Sertakan buah-buahan seperti jeruk, jambu biji, stroberi, dan nanas dll, buah-buahan ini akan memberikan vitamin C pada tubuh yang pada gilirannya akan memperkuat tulang kita. Juga termasuk pisang dan apel.

8. Sayuran berdaun hijau tua

Meskipun sayuran berdaun hijau gelap yang disebut-sebut sebagai salah satu sarana utama untuk peningkatan status kalsium seseorang. Namun untuk sayuran bayam bisa menjadi rumit karena bayam memiliki jumlah kalsium yang baik tapi kehadiran oksalatnya mencegah penyerapan kalsium. Sebaliknya memilih collard hijau, sawi, methi, sawi dan lobak hijau untuk mendapatkan cukup kalsium dalam makanan.

9. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga sarat akan kalsium. Sering mengonsumsi kacang-kacangan dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium Anda.

10. Telur

Telur adalah sumber yang baik dari banyak mineral. Telur adalah salah satu-satunya makanan yang mengandung vitamin D alami.

11. Aktivitas Fisik

20-30 menit berjalan setiap hari membantu mencegah melemahnya tulang. Latihan seperti aerobik, memanjat tangga, berlari dan lain sebagainya membantu untuk memperkuat tulang kita.

12. Omega 3

Omega 3 dapat memiliki dampulak positif atau bahkan mencegah penyakit degeneratif yang serius rematik dan osteoporosis. Anda bisa mendapatkan asam lemak omega 3 dari berbagai biji seperti biji labu dan biji rami atau minyak ikan.

13. Suplemen kalsium

Anda dapat menambah asupan kalsium dengan suplemen kalsium. Pilihlah kalsium asparginate atau tablet kalsium sitrat untuk memperbaiki struktur tulang Anda.

14. Ikan

Ikan sarden, salmon, tuna dan mackerel memiliki jumlah yang baik dari kalsium dan mineral lainnya. Ikan-ikan ini bila dikonsumsi dapat menyehatkan tulang-tulang karena dapat meningkatkan kalsium tiga kali lipat.

Selain itu untuk tetap mendapatkan tulang yang kuat kurangi merokok dan asupan alkohol yang berlebihan karena dapat menghabiskannya tingkat kalsium dalam tubuh. Juga mengurangi konsumsi garam dan menghindari makanan asin karena dapat melarutkan kalsium dari tulang. Semoga bermanfaat.

Powered by Farmasi-id.com

[table “880” not found /]
[the_ad_placement id="konten-perusahaan"] [table “872” not found /]
[the_ad_placement id="referensi-pm"] [the_ad_placement id="referensi"] Berikan Ulasan Produk Ini [ratemypost]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *