Bjoy

Apa Kandungan dan Komposisi Bjoy?

Kandungan dan komposisi produk obat maupun suplemen dibedakan menjadi dua jenis yaitu kandungan aktif dan kandungan tidak aktif. Kandungan aktif adalah zat yang dapat menimbulkan aktivitas farmakologis atau efek langsung dalam diagnosis, pengobatan, terapi, pencegahan penyakit atau untuk memengaruhi struktur atau fungsi dari tubuh manusia.

Jenis yang kedua adalah kandungan tidak aktif atau disebut juga sebagai eksipien. Kandungan tidak aktif ini fungsinya sebagai media atau agen transportasi untuk mengantar atau mempermudah kandungan aktif untuk bekerja. Kandungan tidak aktif tidak akan menambah atau meningkatkan efek terapeutik dari kandungan aktif. Beberapa contoh dari kandungan tidak aktif ini antara lain zat pengikat, zat penstabil, zat pengawet, zat pemberi warna, dan zat pemberi rasa. Kandungan dan komposisi Bjoy adalah:

  • Vitamin B6 HCl 5 mg
  • L-Phenylalanine 20 mg
  • L-Lysine HCl 25 mg
  • L-Tryptophan 10 mg
  • L-Arginine 50 mg
  • L-Isoleucine 25 mg
  • L-Serine 15 mg
  • L-Valine 15 mg
  • L-Thereonine 15 mg
  • L-Proline 90 mg
  • L-Histidine HCl 10 mg
  • L-Leucine 25 mg
  • L-Glutamic acid 70 mg
  • L-Glysine 80 mg
  • L-Methionine 5 mg
  • L-Cysteine 10 mg
  • L-Aspartic Acid 50 mg
  • L-Alanine 60 mg
  • L-Tyrosine 5 mg
  • Taurine 12 mg

Sekilas Tentang Arginine Pada Bjoy
Arginine (disingkat Arg atau R) adalah suatu bentuk asam amino. Pada mamalia, arginin diklasifikasikan sebagai asam amino semi esensial atau esensial bersyarat, tergantung pada tahap perkembangan dan status kesehatan individu. Bayi tidak dapat secara efektif mensintesis arginin, sehingga nutrisi penting untuk bayi. Orang dewasa, bagaimanapun, mampu mensintesis arginin dalam siklus urea.

Arginin pertama kali diisolasi dari ekstrak bibit lupin pada tahun 1886 oleh ahli kimia Swiss Ernst Schulze.

Struktur kimia

Arginin terdiri dari rantai lurus alifatik 4-karbon, ujung distalnya dibatasi oleh gugus guanidinium kompleks. Dengan pKa 12,48, gugus guanidinium bermuatan positif dalam lingkungan netral, asam dan bahkan paling basa, dan dengan demikian memberikan sifat kimia dasar pada arginin. Karena konjugasi antara ikatan rangkap dan pasangan mandiri nitrogen, muatan positif terdelokalisasi, memungkinkan pembentukan beberapa ikatan H.

Sumber

Sumber makanan

Arginin adalah asam amino nonesensial, artinya dapat diproduksi oleh tubuh manusia, dan tidak perlu diperoleh secara langsung melalui makanan. Arginin ditemukan dalam berbagai macam makanan, termasuk:

  • Sumber hewani: produk susu (misalnya keju cottage, ricotta, susu kering tanpa lemak, yogurt skim), daging sapi, babi (misalnya bacon, ham), unggas (misalnya daging ringan ayam dan kalkun), hewan buruan (misalnya burung pegar, puyuh), makanan laut (misalnya halibut, lobster, salmon, udang, siput, tuna dalam air)

  • Sumber vegetarian: bibit gandum dan tepung, soba, granola, oatmeal, kacang-kacangan (kelapa, pecan, kacang mete, kenari, almond, kacang Brazil, kacang hazel, kacang tanah), biji-bijian (labu, wijen, bunga matahari), buncis, kedelai dimasak, cokelat

  • Lainnya: beberapa minuman energi


Biosintesis

Arginin disintesis dari citrulline oleh aksi berurutan dari enzim sitosolik argininosuccinate synthetase (ASS) dan argininosuccinate lyase (ASL). Ini sangat mahal, karena sintesis setiap molekul argininosuksinat membutuhkan hidrolisis adenosin trifosfat (ATP) menjadi adenosin monofosfat (AMP); yaitu, dua setara ATP.

Citrulline dapat berasal dari berbagai sumber:

  • dari arginin melalui nitric oxide synthase (NOS);

  • dari ornitin melalui katabolisme prolin atau glutamin/glutamat;

  • dari dimethylarginine asimetris (ADMA) melalui DDAH.


Jalur yang menghubungkan arginin, glutamin, dan prolin adalah dua arah. Dengan demikian, pemanfaatan bersih atau produksi asam amino ini sangat tergantung pada jenis sel dan tahap perkembangan.

Di seluruh tubuh, sintesis arginin terjadi terutama melalui sumbu usus-ginjal, di mana sel-sel epitel usus kecil, yang menghasilkan citrulline terutama dari glutamin dan glutamat, berkolaborasi dengan sel tubulus proksimal ginjal, yang mengekstraksi citrulline dari sirkulasi dan mengubahnya menjadi arginin, yang dikembalikan ke sirkulasi. Akibatnya, gangguan fungsi usus kecil atau ginjal dapat mengurangi sintesis arginin endogen, sehingga meningkatkan kebutuhan diet.

Sintesis arginin dari citrulline juga terjadi pada tingkat yang rendah di banyak sel lain, dan kapasitas seluler untuk sintesis arginin dapat meningkat secara nyata dalam keadaan yang juga menginduksi iNOS. Jadi, citrulline, produk sampingan dari reaksi katalis NOS, dapat didaur ulang menjadi arginin dalam jalur yang dikenal sebagai jalur citrulline-NO atau arginine-citrulline. Hal ini ditunjukkan oleh fakta bahwa dalam banyak jenis sel, citrulline dapat menggantikan arginin sampai tingkat tertentu dalam mendukung sintesis NO. Namun, daur ulang tidak kuantitatif karena citrulline terakumulasi bersama dengan nitrat dan nitrit, produk akhir NO yang stabil, dalam sel penghasil NO.

Fungsi

Arginin berperan penting dalam pembelahan sel, penyembuhan luka, mengeluarkan amonia dari tubuh, fungsi kekebalan tubuh, dan pelepasan hormon. Arginin, diambil dalam kombinasi dengan proanthocyanidins atau yohimbine, juga telah digunakan sebagai pengobatan untuk disfungsi ereksi.

Dalam protein

Geometri, distribusi muatan dan kemampuan untuk membentuk beberapa ikatan H membuat arginin ideal untuk mengikat gugus bermuatan negatif. Untuk alasan ini arginin lebih suka berada di luar protein di mana ia dapat berinteraksi dengan lingkungan kutub. Digabungkan dalam protein, arginin juga dapat diubah menjadi citrulline oleh enzim PAD. Selain itu, arginin dapat dimetilasi oleh protein metiltransferase.

Sebagai pendahulu

Arginin adalah prekursor langsung NO, urea, ornitin dan agmatine; diperlukan untuk sintesis creatine; dan juga dapat digunakan untuk sintesis poliamina (terutama melalui ornitin dan pada tingkat yang lebih rendah melalui agmatine), citrulline, dan glutamat. Untuk menjadi prekursor NO, (mengendurkan pembuluh darah), arginin digunakan dalam banyak kondisi di mana diperlukan vasodilatasi. Kehadiran dimethylarginine asimetris (ADMA), kerabat dekat, menghambat nitric oxide reaksi oksida; oleh karena itu, ADMA dianggap sebagai penanda penyakit pembuluh darah, seperti halnya L-arginin yang dianggap sebagai tanda endotelium yang sehat.

Implikasi dalam replikasi virus herpes simpleks

Studi kultur jaringan telah menunjukkan penekanan replikasi virus ketika rasio lisin terhadap arginin in vitro mendukung lisin. Konsekuensi terapeutik dari temuan ini tidak jelas, tetapi diet arginin dapat mempengaruhi efektivitas suplementasi lisin.

Implikasi dalam berkontribusi terhadap risiko kematian akibat penyakit jantung

Sebuah studi Johns Hopkins baru-baru ini menguji penambahan L-arginin ke pengobatan standar pascainfark telah melibatkan suplementasi L-arginin dengan peningkatan risiko kematian pada pasien yang pulih dari serangan jantung. Studi ini telah dibahas secara rinci dalam: "Reverse Heart Disease Now" oleh Stephen T Sinatra MD dan James C Roberts MD, publ. Wiley 2006 ISBN 0-471-74704-1 pada hal 111 -113.

Hormon pertumbuhan

Arginin meningkatkan produksi hormon pertumbuhan. Laporan efeknya pada perkembangan otot pria tidak terbukti dengan jelas.

Prolaktin

Meskipun belum ada penelitian menyeluruh, beberapa sumber mengklaim bahwa arginin membantu melepaskan prolaktin, senyawa estrogenik yang terkait dengan laktasi, dan seperti semua senyawa estrogenik dapat mengekang sekresi testosteron. Jadi beberapa binaragawan menjauh dari arginin murni, hanya mengonsumsi jumlah yang secara alami ditemukan dalam protein.
Sekilas Tentang Taurine Pada Bjoy
Taurine, atau disebut juga asam 2-aminoetanasulfonat, adalah asam organik. Zat ini juga merupakan konstituen utama dari empedu, dan dapat ditemukan dalam jumlah yang lebih rendah di jaringan banyak hewan termasuk manusia. Taurin adalah turunan dari asam amino yang mengandung sulfur (sulfhidril), sistein. Taurin adalah satu-satunya asam sulfonat alami yang diketahui.

Taurin dinamai dari bahasa Latin taurus, yang berarti banteng atau lembu, karena pertama kali diisolasi dari empedu sapi pada tahun 1827 oleh ilmuwan Austria Friedrich Tiedemann dan Leopold Gmelin. Ini sering disebut asam amino, bahkan dalam literatur ilmiah, tetapi karena tidak memiliki gugus karboksil, ia tidak sepenuhnya asam amino. Itu memang mengandung gugus sulfonat dan dapat disebut asam amino sulfonat. Polipeptida kecil telah diidentifikasi yang mengandung taurin tetapi sampai saat ini tidak ada aminoasil tRNA sintetase yang telah diidentifikasi secara khusus mengenali taurin dan mampu menggabungkannya ke tRNA.

Peran fisiologis

Taurin terkonjugasi melalui gugus terminal aminonya dengan asam chenodeoxycholic dan asam cholic untuk membentuk garam empedu natrium taurochenodeoxycholate dan natrium taurocholate (lihat empedu). PKa rendah (1,5) dari kelompok asam sulfonat taurin memastikan bahwa bagian ini bermuatan negatif dalam rentang pH yang biasanya ditemukan di saluran usus dan dengan demikian meningkatkan sifat surfaktan dari konjugat asam kolat. Taurin juga telah terlibat dalam beragam fenomena fisiologis lainnya termasuk penghambatan neurotransmisi, potensiasi jangka panjang di striatum / hippocampus, stabilisasi membran, penghambatan umpan balik dari semburan pernapasan neutrofil / makrofag, regulasi jaringan adiposa, dan homeostasis kalsium.

Bayi yang lahir prematur yang kekurangan enzim yang dibutuhkan untuk mengubah cystathionine menjadi cysteine ​​​​dapat menjadi kekurangan taurin. Jadi, taurin adalah nutrisi penting makanan pada individu-individu ini dan sering ditambahkan ke banyak formula bayi sebagai ukuran kehati-hatian. Ada juga bukti bahwa taurin pada manusia dewasa mengurangi tekanan darah.

Tikus gemuk menunjukkan penurunan kadar taurin dalam darah, yang dapat meningkatkan berat badan lebih lanjut, dan suplemen taurin mencegah obesitas pada tikus yang diberi diet tinggi lemak dan rendah taurin. Studi terbaru juga menunjukkan bahwa taurin dapat mempengaruhi (dan mungkin membalikkan) cacat pada aliran darah saraf, kecepatan konduksi saraf motorik, dan ambang sensorik saraf pada tikus neuropatik diabetes eksperimental. Tingkat taurin ditemukan secara signifikan lebih rendah pada vegan daripada kelompok kontrol pada diet standar Amerika. Taurin plasma adalah 78% dari nilai kontrol, dan taurin urin 29%.

Menurut beberapa penelitian pada hewan, taurin menghasilkan efek seperti ansiolitik pada tikus dan dapat bertindak sebagai modulator atau agen anti-kecemasan dalam sistem saraf pusat.

Dalam beberapa tahun terakhir, taurin telah menjadi bahan umum dalam minuman energi. Taurin sering digunakan dalam kombinasi dengan suplemen binaraga seperti creatine dan steroid anabolik, sebagian karena temuan terbaru pada tikus bahwa taurin mengurangi kelelahan otot dalam latihan berat dan meningkatkan kapasitas latihan. Taurin juga digunakan dalam beberapa larutan lensa kontak.

Taurin juga telah ditunjukkan pada tikus diabetes untuk menurunkan berat badan dan menurunkan gula darah.

Taurin dan kucing

Taurin sangat penting untuk kesehatan kucing, karena kucing tidak dapat mensintesis senyawa tersebut. Tidak adanya taurin menyebabkan retina kucing perlahan-lahan merosot, menyebabkan masalah mata dan (akhirnya) kebutaan permanen. Kondisi ini disebut degenerasi retina sentral (CRD). Selain itu, defisiensi taurin dapat menyebabkan kardiomiopati dilatasi kucing, dan suplementasi dapat membalikkan disfungsi sistolik ventrikel kiri. Namun, singa betina vegetarian Little Tyke bertahan selama bertahun-tahun di penangkaran tanpa meminum dosis taurin yang dibutuhkan secara normal. Taurin sekarang menjadi persyaratan AAFCO dan setiap produk makanan kering atau basah berlabel yang disetujui oleh AAFCO harus memiliki minimal 0,1% taurin.

Sintesis dan produksi

Pada tahun 1993, sekitar 5.000–6.000 t taurin (sintetis dan alami) diproduksi; 50% untuk pembuatan makanan hewan peliharaan, 50% dalam aplikasi farmasi. Taurin sintetis diperoleh dari asam isethionic (asam 2-hydroxyethanesulfonic), yang pada gilirannya diperoleh dari reaksi etilen oksida dengan natrium bisulfit berair. Pendekatan lain adalah reaksi aziridin dengan asam sulfat. Ini mengarah langsung ke taurin.

Minuman berenergi

Taurin adalah bahan dalam banyak minuman energi dan produk energi. Meskipun kehadirannya di banyak minuman energi, taurin belum terbukti memberi energi. Sebuah studi tentang tikus yang secara turun temurun tidak dapat mengangkut taurin menunjukkan bahwa itu diperlukan untuk pemeliharaan dan fungsi otot rangka yang tepat.
Sekilas Tentang Isoleucine Pada Bjoy
Isoleucine (isoleusin (disingkat Ile atau I)) adalah asam amino dengan rumus kimia HO2CCH(NH2)CH(CH3)CH2CH3. Ini adalah asam amino esensial, yang berarti bahwa manusia tidak dapat mensintesisnya, jadi itu harus menjadi bagian dari makanan kita. Kodonnya adalah AUU, AUC dan AUA.

Dengan rantai samping hidrokarbon, isoleusin diklasifikasikan sebagai asam amino hidrofobik. Bersama dengan treonin, isoleusin adalah salah satu dari dua asam amino umum yang memiliki rantai samping kiral. Empat stereoisomer isoleusin dimungkinkan, termasuk dua kemungkinan diastereomer L-isoleusin. Namun, isoleusin yang ada di alam ada dalam satu bentuk enansiomer, asam (2S,3S)-2-amino-3-metilpentanoat.

Biosintesis

Sebagai asam amino esensial, isoleusin tidak disintesis pada hewan, oleh karena itu harus dicerna, biasanya sebagai komponen protein. Pada tumbuhan dan mikroorganisme, disintesis melalui beberapa langkah, mulai dari asam piruvat dan alfa-ketoglutarat. Enzim yang terlibat dalam biosintesis ini meliputi:

  • Asetolaktat sintase

  • Asam asetohidroksi isomeroreduktase

  • Dehidratase asam dihidroksi

  • Valin aminotransferase

Sekilas Tentang Histidine Pada Bjoy
Histidine adalah salah satu dari 20 asam amino alami paling umum yang ada dalam protein. Dalam pengertian nutrisi, pada manusia, histidin dianggap sebagai asam amino esensial, tetapi kebanyakan hanya pada anak-anak. Kodonnya adalah CAU dan CAC.

Histidin pertama kali diisolasi pada tahun 1896 oleh dokter Jerman Albrecht Kossel.

Sifat kimia

Rantai samping imidazol dan pKa histidin yang relatif netral (ca 6,0) berarti bahwa perubahan pH seluler yang relatif kecil akan mengubah muatannya. Untuk alasan ini, rantai samping asam amino ini banyak digunakan sebagai ligan koordinasi dalam metaloprotein, dan juga sebagai situs katalitik pada enzim tertentu. Rantai samping imidazol memiliki dua nitrogen dengan sifat yang berbeda: Satu terikat pada hidrogen dan menyumbangkan pasangan elektron bebasnya ke cincin aromatik dan dengan demikian sedikit asam, sedangkan yang lain hanya menyumbangkan satu pasangan elektron ke cincin sehingga memiliki elektron bebas bebas. berpasangan dan bersifat dasar. Sifat-sifat ini dieksploitasi dengan cara yang berbeda dalam protein.

Dalam triad katalitik, nitrogen dasar histidin digunakan untuk mengabstraksi proton dari serin, treonin atau sistein untuk mengaktifkannya sebagai nukleofil. Dalam antar-jemput proton histidin, histidin digunakan untuk memindahkan proton dengan cepat, ini dapat dilakukan dengan mengabstraksi proton dengan nitrogen dasarnya untuk membuat zat antara bermuatan positif dan kemudian menggunakan molekul lain, penyangga, untuk mengekstrak proton dari nitrogen asamnya. . Dalam karbonat anhidrase, antar-jemput proton histidin digunakan untuk memindahkan proton dengan cepat menjauh dari molekul air yang terikat seng untuk dengan cepat meregenerasi bentuk aktif enzim.

Karena afinitas histidin terhadap ion logam, peneliti akan sering menambahkan tag polihistidin ke protein yang diinginkan. Afinitas logam kemudian dapat digunakan untuk memurnikan, mendeteksi, atau melumpuhkan protein yang akan dipelajari.

Metabolisme

Asam amino adalah prekursor untuk biosintesis histamin dan carnosine. Enzim histidin amonia-liase mengubah histidin menjadi amonia dan asam urokanat. Defisiensi enzim ini terdapat pada kelainan metabolik yang jarang terjadi histidinemia.
Sekilas Tentang Threonine Pada Bjoy
Threonine (treonin (disingkat Thr atau T)) adalah asam amino dengan rumus kimia HO2CCH(NH2)CH(OH)CH3. Kodonnya adalah ACU, ACA, ACC, dan ACG. Asam amino esensial ini tergolong polar. Bersama dengan serin dan tirosin, treonin adalah salah satu dari tiga asam amino proteinogenik yang mengandung gugus alkohol.

Residu treonin rentan terhadap berbagai modifikasi pascatranslasi. Rantai samping hidroksi dapat mengalami glikosilasi terkait-O. Selain itu, residu treonin mengalami fosforilasi melalui aksi kinase treonin. Dalam bentuk terfosforilasi, dapat disebut sebagai fosfotreonin.

Allo-treonin

Dengan dua pusat kiral, treonin dapat berada dalam empat kemungkinan stereoisomer, atau dua kemungkinan diastereomer L-treonin. Namun, nama L-treonin digunakan untuk satu enansiomer tunggal, asam (2S,3R)-2-amino-3-hidroksibutanoat. Diastereomer kedua (2S,3S), yang jarang ada di alam, disebut L-allo-treonin.

Biosintesis

Sebagai asam amino esensial, treonin tidak disintesis pada manusia, oleh karena itu kita harus menelan treonin dalam bentuk protein yang mengandung treonin. Pada tumbuhan dan mikroorganisme, treonin disintesis dari asam aspartat melalui -aspartil-semialdehida dan homoserin. Homoserin mengalami O-fosforilasi; ester fosfat ini mengalami hidrolisis bersamaan dengan relokasi gugus OH. Enzim yang terlibat dalam biosintesis khas treonin meliputi:

  • aspartokinase

  • α-aspartate semialdehyde dehydrogenase

  • homoserine dehydrogenase

  • homoserine kinase

  • threonine synthase


Metabolisme

Treonin dimetabolisme dalam dua cara:

  • Ini diubah menjadi piruvat melalui Threonine Dehydrogenase. Zat antara dalam jalur ini dapat menjalani tiolisis dengan KoA untuk menghasilkan Asetil-KoA dan glisin.

  • Pada manusia, ia diubah menjadi alfa-ketobutirat dalam jalur yang kurang umum melalui enzim Serine dehidratase, dan dengan demikian memasuki jalur yang mengarah ke suksinil-KoA.


Sumber

Makanan tinggi treonin termasuk keju cottage, unggas, ikan, daging, lentil, dan biji wijen.

Treonin rasemat dapat dibuat dari asam krotonat dengan fungsi alfa menggunakan merkuri(II) asetat.
Sekilas Tentang L-Lysine Hydrochloride Pada Bjoy
L-lysine merupakan suatu asam amino esensial yang diperlukan tubuh untuk menjalankan berbagai fungsinya. Diakatan esensial karena asam amino ini harus dikonsumsi oleh manusia agar tubuhnya tetap sehat. Kekuarangan asam amino jenis ini akan membuat sel terdegradasi dan menyebabkan banyak penyakit.Singkatan 'L-" di depan kata lysine berarti asam amino ini digunakan dalam sintesa protein dan terdapat dalam makanan dan suplemen. Namun biasanya secara umum orang-orang hanya menyebutnya lysine saja.

Berikut adalah beberapa manfaat dari L-lysine:

  • Mengurangi aktivitas virus herpes

  • Membantu pengobatan kanker

  • Mengurangi kecemasan dan masalah psikologi lainnya

  • Meningkatkan penyerapan kalsium

  • Mengurangi risiko komplikasi akibat diabetes

  • Menjaga kesehatan usus

Sumber: daging sapi dan domba tanpa lemak, keju parmesan, daging ayam dan kalkun, kacang kedelai panggang, ikan tuna, udang, biji labu, telur, kacang putih.
Sekilas Tentang Pyridoxine Hydrochloride (Vitamin B6) Pada Bjoy

  • Menurunkan risiko terkena penyakit jantung koroner, stroke, hingga gagal jantung

  • Meningkatkan serta menjaga kesehatan otak dan sistem saraf

  • Mengurangi risiko terjadinya insomnia atau kesulitan tidur

  • Menghilangkan kecemasan pada kondisi pra menstruasi

  • Mengurangi depresi

  • Menurunkan risiko penyakit kanker

  • Mencegah gangguan pencernaan

  • Mengatur keseimbangan gula darah

  • Menjaga kepadatan dan kesehatan tulang

  • Melancarkan proses metabolisme dalam tubuh

Sumber: ikan, hati sapi, kentang, daging ayam, kacang-kacangan, alpukat, pepaya, pisang.

Sekilas Tentang Phenylalanine Pada Bjoy
Phenylalanine (fenilalanin (disingkat Phe atau F)) adalah asam amino dengan rumus HO2CCH(NH2)CH2C6H5. Asam amino esensial ini diklasifikasikan sebagai nonpolar karena sifat hidrofobik dari rantai samping benzil. Kodon untuk L-fenilalanin adalah UUU dan UUC. Ini adalah putih, bubuk padat. L-Phenylalanine (LPA) adalah asam amino elektrik netral, salah satu dari dua puluh asam amino umum yang digunakan untuk membentuk protein secara biokimia, dikodekan oleh DNA.

Biosintesis

Fenilalanin tidak dapat dibuat oleh hewan, yang harus mendapatkannya dari makanan mereka. Ini diproduksi oleh tanaman dan sebagian besar mikroorganisme dari prephenate, zat antara pada jalur shikimate.

Prefenat didekarboksilasi dengan hilangnya gugus hidroksil untuk menghasilkan fenilpiruvat. Spesies ini ditransaminasi menggunakan glutamat sebagai sumber nitrogen untuk menghasilkan fenilalanin dan -ketoglutarat.

Peran biologis lainnya

L-fenilalanin juga dapat diubah menjadi L-tirosin, salah satu asam amino yang dikodekan DNA. L-tirosin pada gilirannya diubah menjadi L-DOPA, yang selanjutnya diubah menjadi dopamin, norepinefrin (noradrenalin), dan epinefrin (adrenalin) (tiga yang terakhir dikenal sebagai katekolamin).

Fenilalanin menggunakan saluran transpor aktif yang sama dengan triptofan untuk melintasi sawar darah-otak, dan, dalam jumlah besar, mengganggu produksi serotonin.

Lignin berasal dari fenilalanin dan dari tirosin. Fenilalanin diubah menjadi asam sinamat oleh enzim fenilalanin amonia liase.

Fenilketonuria

Gangguan genetik fenilketonuria (PKU) adalah ketidakmampuan untuk memetabolisme fenilalanin. Individu dengan gangguan ini dikenal sebagai "fenilketonurik" dan harus berpantang dari konsumsi fenilalanin. Pembatasan diet ini juga berlaku untuk wanita hamil dengan hiperfenilalanin (kadar fenilalanin tinggi dalam darah) karena mereka tidak memetabolisme asam amino fenilalanin dengan benar. Orang yang menderita PKU harus memantau asupan protein mereka untuk mengontrol penumpukan fenilalanin saat tubuh mereka mengubah protein menjadi komponen asam amino.

Masalah terkait adalah senyawa yang ada dalam banyak permen karet dan mint tanpa gula, makanan ringan, minuman ringan tanpa gula (seperti soda diet termasuk CocaCola Zero, Pepsi Max, beberapa bentuk Teh Lipton, diet Nestea, air rasa Clear Splash), dan sejumlah produk makanan rendah kalori lainnya. Pemanis buatan aspartam, dijual dengan nama "Equal" dan "NutraSweet", adalah ester yang dihidrolisis dalam tubuh untuk menghasilkan fenilalanin, asam aspartat, dan metanol (alkohol kayu). Masalah pemecahan fenilketonurik dengan protein dan penimbunan fenilalanin dalam tubuh juga terjadi dengan konsumsi aspartam, meskipun pada tingkat yang lebih rendah. Oleh karena itu, semua produk di AS dan Kanada yang mengandung aspartam harus diberi label: "Phenylketonurics: Mengandung fenilalanin." Di Inggris, makanan yang mengandung aspartam harus membawa panel bahan yang mengacu pada keberadaan 'aspartame atau E951', dan harus diberi label dengan peringatan "Mengandung sumber fenilalanin". Peringatan ini secara khusus ditempatkan untuk membantu individu yang menderita PKU agar dapat menghindari makanan tersebut.

Menariknya, genom kera baru-baru ini diurutkan dan ditemukan bahwa kera secara alami memiliki mutasi yang ditemukan pada manusia yang memiliki PKU.

D- dan DL-fenilalanin

D-fenilalanin (DPA) baik sebagai enansiomer tunggal atau sebagai komponen campuran rasemat tersedia melalui sintesis organik konvensional. Itu tidak berpartisipasi dalam biosintesis protein meskipun ditemukan dalam protein, dalam jumlah kecil, terutama protein tua dan protein makanan yang telah diproses. Fungsi biologis asam D-amino masih belum jelas. Beberapa asam D-amino, seperti D-fenilalanin, mungkin memiliki aktivitas farmakologis.

DL-Phenylalanine dipasarkan sebagai suplemen nutrisi untuk aktivitas analgesik dan antidepresan yang diduga. Aktivitas analgesik diduga DL-fenilalanin dapat dijelaskan oleh kemungkinan penyumbatan oleh D-fenilalanin dari degradasi enkephalin oleh enzim karboksipeptidase A. Mekanisme diduga aktivitas antidepresan DL-fenilalanin dapat dijelaskan oleh peran prekursor L-fenilalanin dalam sintesis neurotransmiter norepinefrin dan dopamin. Peningkatan kadar norepinefrin dan dopamin otak dianggap terkait dengan efek antidepresan. D-fenilalanin diserap dari usus kecil, setelah konsumsi, dan diangkut ke hati melalui sirkulasi portal. Fraksi D-fenilalanin tampaknya diubah menjadi L-fenilalanin. D-fenilalanin didistribusikan ke berbagai jaringan tubuh melalui sirkulasi sistemik. D-fenilalanin tampaknya melintasi penghalang darah-otak dengan efisiensi kurang dari L-fenilalanin. Sebagian kecil dari dosis tertelan D-fenilalanin diekskresikan dalam urin.

Sejarah

Kodon genetik untuk fenilalanin adalah yang pertama ditemukan. Marshall W. Nirenberg menemukan itu dalam m-RNA terdiri dari beberapa urasil mengulangi menjadi E. coli, bakteri menghasilkan protein baru, hanya terdiri dari asam amino fenilalanin berulang.
Sekilas Tentang Methionine Pada Bjoy
Methionine (metionin) adalah asam amino dengan rumus kimia HO2CCH(NH2)CH2CH2SCH3. Asam amino esensial ini tergolong nonpolar. Bersama dengan sistein, metionin adalah salah satu dari dua asam amino proteinogenik yang mengandung sulfur. Turunannya S-adenosyl methionine (SAM) berfungsi sebagai donor metil. Metionin adalah perantara dalam biosintesis sistein, karnitin, taurin, lesitin, fosfatidilkolin, dan fosfolipid lainnya. Konversi metionin yang tidak tepat dapat menyebabkan aterosklerosis.

Metionin adalah salah satu dari hanya dua asam amino yang dikodekan oleh kodon tunggal (AUG) dalam kode genetik standar (triptofan, dikodekan oleh UGG, adalah yang lain). Kodon AUG juga penting, karena membawa pesan "Mulai" untuk ribosom yang menandakan inisiasi translasi protein dari mRNA. Akibatnya, metionin dimasukkan ke dalam posisi terminal-N dari semua protein pada eukariota dan archaea selama translasi, meskipun biasanya dihilangkan dengan modifikasi pasca-translasi.

Biosintesis

Sebagai asam amino esensial, metionin tidak disintesis pada manusia, oleh karena itu kita harus menelan metionin atau protein yang mengandung metionin. Pada tumbuhan dan mikroorganisme, metionin disintesis melalui jalur yang menggunakan asam aspartat dan sistein. Pertama, asam aspartat diubah melalui -aspartil-semialdehida menjadi homoserin, memperkenalkan pasangan gugus metilen yang berdekatan. Homoserin diubah menjadi O-suksinil homoserin, yang kemudian bereaksi dengan sistein untuk menghasilkan sistein, yang dibelah untuk menghasilkan homosistein. Metilasi berikutnya dari gugus tiol oleh folat menghasilkan metionin. Baik cystathionine-γ-synthase dan cystathionine-β-lyase membutuhkan Pyridoxyl-5'-phosphate sebagai kofaktor, sedangkan homocysteine ​​methyltransferase membutuhkan Vitamin B12 sebagai kofaktor.

Enzim yang terlibat dalam biosintesis metionin:

  • aspartokinase

  • β-aspartate semialdehyde dehydrogenase

  • homoserine dehydrogenase

  • homoserine acyltransferase

  • cystathionine-γ-synthase

  • cystathionine-β-lyase

  • methionine synthase (in mammals, this step is performed by homocysteine methyltransferase)


Jalur biokimia lainnya

Meskipun mamalia tidak dapat mensintesis metionin, mereka masih dapat menggunakannya dalam berbagai jalur biokimia:

Metionin diubah menjadi S-adenosilmetionin (SAM) oleh (1) metionin adenosiltransferase. SAM berfungsi sebagai metil-donor dalam banyak (2) reaksi methyltransferase dan diubah menjadi S-adenosylhomocysteine ​​(SAH). (3) adenosylhomocysteinase mengubah SAH menjadi homocysteine.

Ada dua homosistein:

  • Metionin dapat diregenerasi dari homosistein melalui (4) metionin sintase. Ini juga dapat diremetilasi menggunakan glisin betaine (NNN-trimetil glisin) menjadi metionin melalui enzim Betaine-homocysteine ​​methyltransferase (E.C.2.1.1.5, BHMT). BHMT membuat hingga 1,5% dari semua protein larut hati, dan bukti terbaru menunjukkan bahwa itu mungkin memiliki pengaruh yang lebih besar pada homeostasis metionin dan homosistein daripada Metionin sythase.

  • Homosistein dapat diubah menjadi sistein. (5) Cystathionine-β-synthase (enzim yang bergantung pada PLP) menggabungkan homocysteine ​​​​dan serin untuk menghasilkan cystathionine. Alih-alih mendegradasi cystathionine melalui cystathionine--lyase, seperti pada jalur biosintetik, cystathionine dipecah menjadi cysteine ​​dan -ketobutyrate melalui (6) cystathionine-γ-lyase. (7) -ketoacid dehydrogenase mengubah -ketobutyrate menjadi propionyl-CoA, yang dimetabolisme menjadi succinyl-CoA dalam proses tiga langkah (lihat jalur propionil-CoA).


Perpaduan

Rasemik metionin dapat disintesis dari dietil natrium ftalimidomalonat melalui alkilasi dengan kloroetilmetilsulfida (ClCH2CH2SCH3) diikuti dengan hidrolisis dan dekarboksilasi.

Aspek diet

Metionin tingkat tinggi dapat ditemukan dalam biji wijen, kacang Brazil, ikan, daging, dan beberapa biji tanaman lainnya. Kebanyakan buah dan sayuran mengandung sangat sedikit; namun, beberapa memiliki jumlah yang signifikan, seperti bayam, kentang, dan jagung rebus. DL-metionin terkadang ditambahkan sebagai bahan makanan hewan peliharaan. Metionin, sistein, dan protein kedelai yang dipanaskan dalam sedikit air menciptakan aroma seperti daging.

Bjoy Obat Apa?


Apa Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan Bjoy?

Indikasi merupakan petunjuk mengenai kondisi medis yang memerlukan efek terapi dari suatu produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) atau kegunaan dari suatu produk kesehatan untuk suatu kondisi medis tertentu. Bjoy adalah suatu produk kesehatan yang diindikasikan untuk:

Membantu Memelihara daya tahan tubuh, nutrisi bagi usia lanjut, menjaga tubuh tetap sehat dan bersemangat selama berpuasa.

Sekilas tentang imunitas
Imunitas atau kekebalan adalah sistem mekanisme pada organisme yang melindungi tubuh terhadap pengaruh biologis luar dengan mengidentifikasi dan membunuh patogen serta sel tumor. Sistem ini mendeteksi berbagai macam pengaruh biologis luar yang luas, organisme akan melindungi tubuh dari infeksi, bakteri, virus sampai parasit, serta menghancurkan zat-zat asing lain dan memusnahkan mereka dari sel organisme yang sehat dan jaringan agar tetap dapat berfungsi normal. Deteksi sistem ini sulit karena adaptasi patogen dan memiliki cara baru agar dapat menginfeksi organisme.

Berapa Dosis dan Bagaimana Aturan Pakai Bjoy?

Dosis adalah takaran yang dinyatakan dalam satuan bobot maupun volume (contoh: mg, gr) produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) yang harus digunakan untuk suatu kondisi medis tertentu serta frekuensi pemberiannya. Biasanya kekuatan dosis ini tergantung pada kondisi medis, usia, dan berat badan seseorang. Aturan pakai mengacu pada bagaimana produk kesehatan tersebut digunakan atau dikonsumsi. Berikut ini dosis dan aturan pakai Bjoy:

Dewasa dan anak diatas 12 tahun 3 x 1 kapsul sehari.

Berapa Nomor Izin BPOM Bjoy?

Setiap produk obat, suplemen, makanan, dan minuman yang beredar di Indonesia harus mendapatkan izin edar dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) yaitu suatu Badan Negara yang memiliki fungsi melakukan pemeriksaan terhadap sarana dan prasarana produksi, melakukan pengambilan contoh produk, melakukan pengujian produk, dan memberikan sertifikasi terhadap produk. BPOM juga melakukan pengawasan terhadap produk sebelum dan selama beredar, serta memberikan sanksi administratif seperti dilarang untuk diedarkan, ditarik dari peredaran, dicabut izin edar, disita untuk dimusnahkan, bagi pihak yang melakukan pelanggaran. Berikut adalah izin edar dari BPOM yang dikeluarkan untuk produk Bjoy:

POM SD. 131 544 531

Apa Nama Perusahaan Produsen Bjoy?

Produsen obat (perusahaan farmasi) adalah suatu perusahaan atau badan usaha yang melakukan kegiatan produksi, penelitian, pengembangan produk obat maupun produk farmasi lainnya. Obat yang diproduksi bisa merupakan obat generik maupun obat bermerek. Perusahaan jamu adalah suatu perusahaan yang memproduksi produk jamu yakni suatu bahan atau ramuan berupa tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sari, atau campuran dari bahan-bahan tersebut yang telah digunakan secara turun-temurun untuk pengobatan. Baik perusahaan farmasi maupun perusahaan jamu harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.

Setiap perusahaan farmasi harus memenuhi syarat CPOB (Cara Pembuatan Obat yang Baik), sedangkan perusahaan jamu harus memenuhi syarat CPOTB (Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik) untuk dapat melakukan kegiatan produksinya agar produk yang dihasilkan dapat terjamin khasiat, keamanan, dan mutunya. Berikut ini nama perusahaan pembuat produk Bjoy:

PT Dipa Pharmalab Intersains

Sekilas Tentang Dipa Pharmalab Intersains
Sejarah PT. Dipa Pharmalab Intersains berawal dari pendirian PT. Pradja Pharmaceutical Industry yang merupakan suatu perusahaan farmasi yang didirikan oleh Tjipto Pusposuharto pada 1960. Pada awalnya usaha yang didirikan ini hanyalah usaha farmasi rumahan dengan 20 orang karyawan dengan area luas pabrik 350 meter persegi.

Pada 1975, PT. Pradja Pharmaceutical Industry memasarkan produk analisis mikrobiologi dari Oxoid (Thermo Fisher Scientific). Kemudian memasarkan produk analisis biologikal lainnya dari Cutter Lab (Grifols) pada 1976. Karena perkembangan usaha yang pesat, maka pada 1991, Tjipto Pusposuharto mendirikan PT. Dipa Pharmalab Intersains yang pada 2005 membangun pabrik baru di daerah Majalengka, Jawa Barat. Perusahaan ini telah memiliki sertifikat ISO 9001:2000, CPOB, dan lain-lain sehingga produk yang diproduksi memenuhi standar kualitas yang baik. Perusahaan ini telah berpartner dengan beberapa perusahaan farmasi luar negeri seperti Actavis, Genepharm, Korea United Pharma, Medac, Vitrolife, Colenta, Bracco, dan lain-lain.

Produk-produk yang diproduksi oleh PT. Dipa Pharmalab Intersains dikategorikan dalam berbagai jenis antara lain produk farmasi, consumer health, peralatan medis, dan peralatan analisis laboratorium. PT. Dipa Pharmalab Intersains berkantor pusat di Jl. Raya Kebayoran Lama No. 28, Jakarta.