Betarhin

By | Juli 19, 2021 |

BETARHIN®
Oral drop – Sirup -Tablet Salut Selaput

KOMPOSISI:
BETARHIN® Oral Drop :
Tiap ml mengandung :
Cetirizine 2HCl 10 mg

BETARHIN® Sirup :
Tiap 5 ml sendok takar mengandung :
Cetirizine 2HCl 5 mg

BETARHIN® Tablet Salut Selaput:
Cetirizine 2HCl 10 mg

CARA KERJA OBAT :
Cetirizine menghambat media histamin pada fase awal pada reaksi alergi dan juga mengurangi pergerakan sel inflamasi serta pelepasan gabungan mediator dengan memperlambat respon alergi.

Indikasi :
Pengobatan parennial rhinitis, alergi rhinitis musiman serta urtikaria idiopatis kronis.

POSOLOGI :
BETARHIN® Oral Drop :

  • Dewasa dan anak di atas 12 tahun : 1 kali sehari 1 ml
  • Anak 6-12 tahun : 1 kali sehari 1 ml atau diberikan secara dosis terbagi 0,5 ml setiap 12 jam
  • Anak 2-6 tahun : 1 kali sehari 0,5 ml atau diberikan secara dosis terbagi 0,25 ml setiap 12 jam

 

BETARHIN® Sirup :
  • Dewasa dan anak di atas 12 tahun : 1 kali sehari 10 ml (2 sendok takar)
  • Anak 6-12 tahun : 1 kali sehari 10 ml atau diberikan secara dosis terbagi 5 ml (1 sendok takar) setiap 12 jam
  • Anak 2-6 tahun : 1 kali sehari 5 ml (1 sendok takar) atau diberikan secara dosis terbagi 2,5 ml  (1/2 sendok takar) setiap 12 jam

BETARHIN® Tablet Salut Selaput:
Dewasa dan anak di atas 12 tahun : 1 kali sehari 1 tablet (10 mg)
Sekarang ini data klinis yang ada belum cukup untuk mendukung penggunaan Cetirizine 2HCl pada anak-anak dibawah 12 tahun.
Sampulai sekarang tidak ada data yang menganjurkan pengurangan dosis pada pasien usia lanjut.
Pada pasien dengan gangguan ginjal, dosis harus dikurangi menjadi 1/2 tablet sehari.

OVER Dosis :
Mengantuk dapat menjadi gejala overdosis. Pada anak-anak dapat timbul agitasi. Pada kasus overdosis yang parah tidak ada antidotum yang spesifik tapi gastric lavage dapat dilakukan ditambah dengan terapi suportif lainnya. Sampulai saat ini belum ada antidotum yang spesifik.

PERINGATAN DAN Perhatian :

  • Hindari aktivitas seperti menjalankan mesin atau mengemudikan kendaraan selama menggunakan Cetirizine 2HCl
  • Hindari penggunaan Cetirizine 2HCl bersamaan dengan minuman beralkohol atau obat-obat penekan susunan saraf pusat (CNS depresan) karena dapat memperberat penurunan kewaspadaan dan gangguan kinerja susunan saraf pusat
  • Penggunaan pada wanita hamil hanyalah bila terdapat indikasi yang jelas. Cetirizine 2HCl dilaporkan diekskresikan ke dalam ASI. Karena banyak obat yang diekskresikan melalui ASI, maka penggunaan Cetirizine 2HCl bagi ibu dalam masa menyusui tidak dianjurkan
  • Usia lanjut dan penurunan fungsi ginjal. Tidak ada perbedaan keamanan dalam pemakaian Cetirizine 2HCl pada pasien usia lanjut (› 65 tahun) dan pasien yang lebih muda, tetapi sensitivitas yang lebih besar pada beberapa orang usia lanjut tetap ada. Cetirizine 2HCl diketahui diekskresi lewat ginjal, dan risiko terjadinya reaksi toksik terhadap obat ini dapat lebih besar pada pasien dengan gangguan fungsi ginjal. Karena banyak pasien usia lanjut cenderung mengalami penurunan fungsi ginjal, maka sebaiknya pemilihan dosis harus lebih diperhatikan dan akan sangat berguna bila dilakukan monitoring fungsi ginjal
  • Anak-anak ‹ 6 bulan, Keamanan dan kefektifan Cetirizine 2HCl pada pasien anak anak usia ‹ 6 bulan belum dapat ditentukan

Efek Samping :
Sedasi merupakan efek samping satu-satunya yang dilaporkan terjadi pada keracunan intensional.
Jarang dilaporkan adanya efek samping yang ringan dan sementara seperti: sakit kepala, pusing, mengantuk, agitasi, mulut kering dan rasa tidak enak pada pencernaan.
Gangguan saluran kemih dan kelamin, pendengaran dan keseimbangan, metabolik/nutrisi, muskuloskeletal, psikiatrik, sistem pernafasan, reproduksi, retikuloendotelial, kulit, indra pengekapsulan, penciuman dan penglihatan.

KONTRAIndikasi :

  • Penderita dengan riwayat hipersensitivitas terhadap Cetirizine 2HCl, hidroksizin atau salah satu komponen dalam BETARHIN®
  • Wanita menyusui

INTERAKSI OBAT:
Tidak ditemukan interaksi obat yang berarti secara klinik dengan teofilin (pada dosis rendah), azitromisin, pseudoefedrin, ketokonazol, atau eritromisin. Ada sedikit penurunan pada bersihan Cetirizin 2HCl tidak diberikan bersama dengan teofilin dosis 400 mg. Dosis teofilin yang lebih besar mungkin akan menimbulkan efek yang lebih besar pula.

Kemasan:
BETARHIN® Drop:
Dus @ botol 10 ml No. Reg. DKL0813704436A1

BETARHIN® Sirup:
Dus @ botol 60 ml No. Reg. DKL 0813704537A1

Dibuat oleh :
PT Ikapharmindo
Jakarta – Indonesia
Untuk
PT Mahakam Beta Farma
Jakarta – Indonesia

BETARHIN® Tablet Salut Selaput:
Dus @ 2 strip @ 10 tablet salut selaput
No. Reg. DKL 9613701717A1

Dibuat Oleh :
PT Mahakam Beta Farma
Jakarta – Indonesia

HARUS DENGAN RESEP DOKTER

Simpan di bawah suhu 30ºC, kering dan terlindung dari cahaya

Kocok dahulu sebelum digunakan.

PT Mahakam Beta Farma
Jakarta – Indonesia

Sekilas Tentang Mahakam Beta Farma
PT Mahakam Beta Farma merupakan suatu perusahaan farmasi yang didirikan oleh seorang dokter umum bernama Dr. Kahar Tjandra. Awal mula didirikannya perusahaan ini bermula dari kawan sekolahnya dahulu yang menawarkan pada dirinya (Dr. Kahar Tjandra) untuk membeli lisensi Betadine dari suatu perusahaan pemegang lisensi itu yang sedang dalam kondisi hampir bangkrut. Setelah Dr. Kahar Tjandra mempelajari dan mengetahui lebih jauh mengenai manfaat produk Betadine, maka diputuskanlah untuk mengambil alih lisensi itu dari perusahaan sebelumnya. Betadine merupakan produk antiseptik dengan kandungan aktif povidone iodine lisensi dari Mundipharma AG (perusahaan farmasi asal Swiss). Dengan modal 25 juta dolar, maka Dr. Kahar Tjandra mendirikan perusahaan PT Mahakam Beta Farma yang secara resmi mulai beroperasi pada 1980. Perusahaan ini mulai mendistribusikan, memasarkan, dan menjual Betadine dalam kemasan jeriken. Karena permintaan pasar, maka perusahaan akhirnya membuat kemasan botol yang lebih kecil.

Hasil promosi di berbagai media baik cetak maupun elektronik semakin melambungkan nama obat ini, hasilnya penjualan semakin meningkat. Pabrik PT Mahakam Beta Farma telah beberapa kali mengalami perluasan untuk peningkatan kapasitas produksi. Pabrik akhirnya dipindahkan ke kawasan industri Pulo Gadung seluas 10 ribu meter persegi. Perusahaan ini juga telah mendapatkan sertifikat CPOB dan ISO 9001:2008. Saat ini Betadine tersedia dalam berbagai varian produk seperti Betadine antiseptic, Betadine sabun cair, Betadine gargle (obat kumur), Betadine skin cleanser, Betadine shampoo, Betadine stick, dan lain-lain.

Kesuksesan Betadine membuat PT Mahakam Beta Farma terpacu untuk membuat produk lainnya. Perusahaan ini juga memproduksi obat generik, obat ethical (obat resep), produk OTC, suplemen, vitamin dan mineral, produk perawatan luka, dan lain-lain. Beberapa produk itu antara lain pantoprazole, Seminac (tramadol hydrochloride), Meflam (meloxicam), Patral (tramadol hcl+paracetamol), MST Continus (morphine sulphate), Matolac, Betarhin, Ultraderma, Calpro, Bruiz gel (heparin sodium), dan sebagainya. Pada 2013, PT Mahakam beta farma bekerja sama dengan Labiofam meluncurkan produk bernama bactivec untuk membasmi larva atau jentik nyamuk demam berdarah dan lalat hitam.

Kantor pusat PT Mahakam Beta Farma ada di Jalan Pulo Kambing Raya No.9, Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta.

Leave a Reply

Email address will not be published. Required fields are marked *