Betadine Dry Powder Spray

Farmasi-id.com > Kulit > Antiseptik & Desinfektan Kulit > Betadine Dry Powder Spray

By | 03/06/2017 | Berikan Ulasan

Kandungan dan Komposisi Betadine Dry Powder Spray

  • Povidone iodine 2.5w/w. Setiap gram mengandung 25mg povidone iodine
  • Isopropyl myristate
  • N-pentane
  • Butane 40 (E943)
  • Soya lecithin

Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan Betadine Dry Powder Spray

Indikasi merupakan petunjuk mengenai kondisi medis yang memerlukan efek terapi dari suatu produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) atau kegunaan dari suatu produk kesehatan untuk suatu kondisi medis tertentu. Berikut ini indikasi dari Betadine Dry Powder Spray:

Sebagai antiseptik untuk perawatan dan pencegahan infeksi pada luka termasuk bisul, luka bakar, luka terpotong, dan luka ringan lainnya.

Kontraindikasi

Kontraindikasi merupakan suatu petunjuk mengenai kondisi-kondisi dimana penggunaan obat tersebut tidak tepat atau tidak dikehendaki dan kemungkinan berpotensi membahayakan jika diberikan. Pemberian Betadine Dry Powder Spray dikontraindikasikan pada kondisi-kondisi berikut ini:

  • Jika Anda alergi (hipersensitif) terhadap komponen obat ini atau bahan lain yang terdaftar di dalamnya
  • Jika saat ini Anda memiliki atau pernah memiliki masalah tiroid, termasuk pembengkakan (nodul koloid gondok, gondok endemik atau tiroiditis Harishimoto), penggunaan obat ini dapat mempengaruhi fungsi tiroid anda
  • Anak di bawah usia dua tahun
  • Sebaiknya obat ini tidak digunakan pada luka rongga

Peringatan dan Perhatian

  • Jika kulit Anda rusak karena terbakar, menggunakan obat ini dapat menyebabkan keracunan iodine yang terserap ke dalam darah
  • Jika Anda menderita penyakit ginjal, penggunaan obat ini dapat menyebabkan keracunan
  • Jangan dihirup,
  • Jangan terkena mata
  • Jangan gunakan obat ini jika Anda akan menjalani test urin, pengunaan obat ini dapat mempengaruhi hasil test
  • Komponen obat ini dapat kontak dengan perhiasan seperti emas dan mempengaruhi warnanya, pastikan Anda sudah melepas perhiasan sebelum menggunakan obat ini

Interaksi Obat

Interaksi obat merupakan suatu perubahan aksi atau efek obat sebagai akibat dari penggunaan atau pemberian bersamaan dengan obat lain, suplemen, makanan, minuman, atau zat lainnya. Interaksi obat Betadine Dry Powder Spray antara lain:

Lithium (untuk depresi) dapat berinteraksi dengan obat ini sehingga mempengaruhi fungsi kelenjar tiroid.

Cara Penggunaan

Untuk penggunaan topikal hanya pada kulit.

Orang dewasa, lanjut usia dan anak di atas 2 tahun:

Kocok dulu sebelum digunakan. Semprotkan dari jarak 6-10 inci (15-25cm) sampai serbuk mengendap pada luka. Jika perlu, area yang dirawat bisa ditutup dengan dressing.

Efek Samping Betadine Dry Powder Spray

Efek Samping merupakan suatu efek yang tidak diinginkan dari suatu obat. Efek samping ini dapat bervariasi pada setiap individu tergantung pada pada kondisi penyakit, usia, berat badan, jenis kelamin, etnis, maupun kondisi kesehatan seseorang. Berikut ini beberapa efek samping yang mungkin dapat terjadi setelah pemberian Betadine Dry Powder Spray:

  • Reaksi alergi, termasuk sulit bernafas atau menelan, ruam, pembengkakan wajah, bibir, tenggorokan atau lidah
  • Gatal dan luka bakar pada kulit Anda (jarang)
  • Menerapkan sejumlah besar obat-obatan yang mengandung yodium povidone, atau menggunakan produk semacam itu dalam jangka waktu yang lama kadang-kadang bisa menyebabkan kelainan tiroid (gejala yang meliputi
    Penurunan berat badan, berkeringat, kekurangan energi
  • Peningkatan jumlah asam dalam darah Anda (gejala utamanya adalah sesak napas, bingung dan lesu), dan gagal ginjal (Gejala termasuk kesulitan buang air kecil, haus dan mulut kering, dan rasa sakit di satu sisi punggung Anda)

Kemasan dan Sediaan

Botol spray 50, 100 atau 200 ml

Harga Betadine Dry Powder Spray

Rp 70.000/ 55 gr

Produsen Betadine Dry Powder Spray

Mahakam Beta Farma

Pertanyaan yang Sering Diajukan
Apakah Aman Menggunakan Betadine Dry Powder Spray Saat Mengemudi atau Mengoperasikan Mesin?

Jika Anda mengalami gejala efek samping seperti mengantuk, pusing, gangguan penglihatan, gangguan pernapasan, jantung berdebar, dan lain-lain setelah menggunakan Betadine Dry Powder Spray, yang dapat mempengaruhi kesadaran atau kemampuan dalam mengemudi maupun mengoperasikan mesin, maka sebaiknya Anda menghindarkan diri dari aktivitas-aktivitas tersebut selama penggunaan dan konsultasikan dengan dokter Anda.

Bagaimana Jika Saya Lupa Menggunakan Betadine Dry Powder Spray?

Jika Anda lupa menggunakan Betadine Dry Powder Spray, segera gunakan jika waktunya belum lama terlewat, namun jika sudah lama terlewat dan mendekati waktu penggunaan berikutnya, maka gunakan seperti dosis biasa dan lewati dosis yang sudah terlewat, jangan menggandakan dosis untuk mengganti dosis yang terlewat. Pastikan Anda mencatat atau menyalakan pengingat untuk mengingatkan Anda mengenai waktu penggunaan obat agar tidak terlewat kembali.

Apakah Saya Dapat Menghentikan Penggunaan Betadine Dry Powder Spray Sewaktu-waktu?

Beberapa obat harus digunakan sesuai dengan dosis yang diberikan oleh dokter. Jangan melebih atau mengurangi dosis obat yang diberikan oleh dokter secara sepihak tanpa berkonsultasi dengan dokter. Obat seperti antibiotik, antivirus, antijamur, dan sebagainya harus digunakan sesuai petunjuk dokter untuk mencegah resistensi dari bakteri, virus, maupun jamur terhadap obat tersebut. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini.

Jangan menghentikan penggunaan obat secara tiba-tiba tanpa sepengetahuan dokter, karena beberapa obat memiliki efek penarikan jika penghentian dilakukan secara mendadak. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini

Bagaimana Cara Penyimpanan Betadine Dry Powder Spray?

Setiap obat memiliki cara penyimpanan yang berbeda-beda, cara penyimpanan dapat Anda ketahui melalui kemasan obat. Pastikan Anda menyimpan obat pada tempat tertutup, jauhkan dari panas maupun kelembapan. Jauhkan juga dari paparan sinar Matahari, jangkauan anak-anak, dan jangkauan hewan.

Bagaimana Penanganan Betadine Dry Powder Spray yang Sudah Kedaluwarsa?

Jangan membuang obat kedaluwarsa ke saluran air, tempat penampungan air, maupun toilet, sebab dapat berpotensi mencemari lingkungan. Juga jangan membuangnya langsung ke tempat pembuangan sampah umum, hal tersebut untuk menghindari penyalahgunaan obat. Hubungi Dinas Kesehatan setempat mengenai cara penangangan obat kedaluwarsa.
Sekilas Tentang Lecithin Pada Betadine Dry Powder Spray
Lecithin merupakan salah satu lemak esensial yang penting bagi sel tubuh. Ia banyak ditemukan di dalam kacang kedelai dan kuning telur. Lecithin memiliki beberapa manfaat seperti mengurangi efek gangguan memori seperti pada penderita demensia dan alzheimer. Selain itu lecithin juga bermanfaat untuk mengatasi penyakit kandung empedu, penyakit hati, kolesterol tinggi, eksim, kecemasan, dan depresi.

Dalam industri farmasi, lecithin digunakan sebagai pelembab, penstabil, pengaya kolin, serta membantu dalam proses emulsifikasi dan enkapsulasi. Pada produk-produk suplemen, lecithin digunakan sebagai fosfatidilkolin atau sumber kolin yang merupakan salah satu nutrisi penting yang bermanfaat untuk meningkatkan fungsi hati, menurunkan kolesterol, mengurangi efek negatif demensia, menyembuhkan jerawat, dan sebagainya. Pada industri makanan, lecithin digunakan sebagai pegemulsi atau pelumas. Selain itu ia juga digunakan untuk mengurangi viskositas, mengendalikan kristalisasi gula, membantu pencampuran bahan homogen, mengawetkan produk, dan lain-lain. Lecithin dapat ditoleransi dengan baik oleh tubuh manusia dan diekresikan melalui ginjal.

Lecithin pertama kali diisolasi oleh ahli kimia asal Jerman Theodore Gobley pada 1845 dan ia memberi nama phosphatidylcholine lecithine. Awalnya Gobley mengisolasi lecithin dari kuning telur, namun kemudian ia juga mendemonstrasikan keberadaan lecithin dalam vena darah, paru-paru, jaringan otak, telur ikan, otak ayam dan domba.
Sekilas Tentang Mahakam Beta Farma
PT Mahakam Beta Farma merupakan suatu perusahaan farmasi yang didirikan oleh seorang dokter umum bernama Dr. Kahar Tjandra. Awal mula didirikannya perusahaan ini bermula dari kawan sekolahnya dahulu yang menawarkan pada dirinya (Dr. Kahar Tjandra) untuk membeli lisensi Betadine dari suatu perusahaan pemegang lisensi itu yang sedang dalam kondisi hampir bangkrut. Setelah Dr. Kahar Tjandra mempelajari dan mengetahui lebih jauh mengenai manfaat produk Betadine, maka diputuskanlah untuk mengambil alih lisensi itu dari perusahaan sebelumnya. Betadine merupakan produk antiseptik dengan kandungan aktif povidone iodine lisensi dari Mundipharma AG (perusahaan farmasi asal Swiss). Dengan modal 25 juta dolar, maka Dr. Kahar Tjandra mendirikan perusahaan PT Mahakam Beta Farma yang secara resmi mulai beroperasi pada 1980. Perusahaan ini mulai mendistribusikan, memasarkan, dan menjual Betadine dalam kemasan jeriken. Karena permintaan pasar, maka perusahaan akhirnya membuat kemasan botol yang lebih kecil.

Hasil promosi di berbagai media baik cetak maupun elektronik semakin melambungkan nama obat ini, hasilnya penjualan semakin meningkat. Pabrik PT Mahakam Beta Farma telah beberapa kali mengalami perluasan untuk peningkatan kapasitas produksi. Pabrik akhirnya dipindahkan ke kawasan industri Pulo Gadung seluas 10 ribu meter persegi. Perusahaan ini juga telah mendapatkan sertifikat CPOB dan ISO 9001:2008. Saat ini Betadine tersedia dalam berbagai varian produk seperti Betadine antiseptic, Betadine sabun cair, Betadine gargle (obat kumur), Betadine skin cleanser, Betadine shampoo, Betadine stick, dan lain-lain.

Kesuksesan Betadine membuat PT Mahakam Beta Farma terpacu untuk membuat produk lainnya. Perusahaan ini juga memproduksi obat generik, obat ethical (obat resep), produk OTC, suplemen, vitamin dan mineral, produk perawatan luka, dan lain-lain. Beberapa produk itu antara lain pantoprazole, Seminac (tramadol hydrochloride), Meflam (meloxicam), Patral (tramadol hcl+paracetamol), MST Continus (morphine sulphate), Matolac, Betarhin, Ultraderma, Calpro, Bruiz gel (heparin sodium), dan sebagainya. Pada 2013, PT Mahakam beta farma bekerja sama dengan Labiofam meluncurkan produk bernama bactivec untuk membasmi larva atau jentik nyamuk demam berdarah dan lalat hitam.

Kantor pusat PT Mahakam Beta Farma ada di Jalan Pulo Kambing Raya No.9, Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta.
Berikan Ulasan Produk Ini

Seberapa Baik Produk Ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Peringkat rata-rata: 0 / 5. Jumlah peringkat: 0

Belum ada pemeringkatan, jadilah yang pertama.

Leave a Reply

Email address will not be published. Required fields are marked *

Sekilas tentang kulit
Kulit merupakan organ terbesar tubuh yang memiliki luasnya sekitar 2 m2 dengan ketebalan rata-rata 1-2 mm. Kulit terdiri dari lapisan epidermis, dermis dan hipodermis atau subkutis.

Sebagai organ yang sangat penting bagi kelangsungan hidup, kulit memiliki fungsi menutupi dan melindungi organ-organ dibawahnya, mencegah infeksi, mengatur suhu tubuh, mengekskresi zat buangan, mensintesis vitamin D, dan menjadi sensor peraba.
Cara Mengutip Untuk Daftar Pustaka
Jika Anda ingin mengutip tulisan ini pada daftar pustaka, Anda bisa melakukannya dengan menggunakan berbagai format berikut ini:

Format APA (American Psychological Association)

Farmasi-id.com. (2017, 3 Juni). Betadine Dry Powder Spray. Diakses pada 23 Januari 2020, dari https://www.farmasi-id.com/betadine-dry-powder-spray/


Format MLA (Modern Language Association)

"Betadine Dry Powder Spray". Farmasi-id.com. 3 Juni 2017. 23 Januari 2020. https://www.farmasi-id.com/betadine-dry-powder-spray/


Format MHRA (Modern Humanities Research Association)

Farmasi-id.com, "Betadine Dry Powder Spray", 3 Juni 2017, <https://www.farmasi-id.com/betadine-dry-powder-spray/> [Diakses pada 23 Januari 2020]


Bagikan ke Rekan Anda