BERLIMOX

Kandungan, Indikasi, Efek Samping, Kontra, Interaksi, Dosis, Obat Apa | FARMASI-ID.COM > Antiinfeksi (Sistemik) > Penisilin > BERLIMOX

Kandungan

Amoxicillin (Amoxicillin Trihydrate)

Indikasi

Infeksi pada kulit & jaringan lunak, pernapasan, saluran pencernaan. Gonorea.

Farmakologi

Amoksisilin (amixicillin) adalah turunan dari penisilin semi sintetik dan stabil dalam suasana asam lambung. Amoksisilin diabsorbsi dengan cepat dan baik pada saluran pencernaan makanan, tidak tergantung adanya makanan. Amoksisilin terutama diekskresikan dalam bentuk tidak berubah di dalam urin. Ekskresi dihambat saat pemberian bersamaan dengan probenecid sehingga memperpanjang efek terapi. Amoksisilin aktif terhadap organisme Gram-positif dan Gram-negatif.

Peringatan

  • Hati-hati pada pemberian obat ini pada penderita leukemia limphatik karena kepekaan terhadap rash kulit yang disebabkan ampisilin.
  • Dapat menyebabkan terjadinya kolitis yang berat.
  • Sebelum pengobatan dengan amoksisilin harus dilakukan pemeriksaan reaksi kepekaan terhadap penisilin.
  • Amoksisilin harus digunakan dengan hati-hati pada wanita hamil dan menyusui.
  • Pengobatan dengan amoksisilin dalam jangka waktu yang lama harus disertai dengan pemeriksaan terhadap fungsi ginjal, hati dan darah.
  • Dapat menimbulkan super infeksi (biasanya penyebab Enterobacterium, Pseudomonas, Staphylococcus aureus, Candida). Bila terjadi hal tersebut, hentikan pengobatan dan diberikan alternatif lain.
  • Untuk penderita dengan gagal fungsi ginjal, monitor tingkat plasma dan urin harus dilakukan. Dilakukan penyesuaian dosis.
  • Jangan untuk pengobatan meningitis atau infeksi pada tulang sendi karena amoksisilin oral tidak menembus ke dalam cairan serebrospinal atau sinorial.

Perhatian 

Jangan gunakan sebagai pengobatan untuk meningitis atau infeksi pada sendi. Pantau darah, fungsi ginjal & hati dalam penggunaan jangka panjang. Pantau kadar plasma & urin pada pasien dengan gagal ginjal.

Efek Samping

Anafilaksis. Reaksi alergi seperti, ruam makulopapular eritematosa, urtikaria, serum sickness; Gangguan saluran pencernaan misalnya, mual, muntah, diare; reaksi hematologi.

Interaksi Obat

Konsentrasi plasma meningkat dengan probenesid. Peningkatan risiko reaksi kulit dengan allopurinol.

Kategori Keamanan Penggunaan Pada Wanita Hamil (Menurut FDA)

Kategori B: Studi terhadap reproduksi pada binatang percobaan tidak memperlihatkan adanya risiko terhadap janin tetapi tidak ada studi terkontrol yang dilakukan terhadap wanita hamil, atau studi terhadap reproduksi binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping (selain penurunan fertilitas) yang tidak dikonfirmasikan dalam studi terkontrol pada wanita pada kehamilan trimester 1 (dan tidak ada bukti risio pada trimester selanjutnya).

Dosis

Dws & anak> 20 kg:

250-500 mg setiap 8 jam.

Anak <20 kg:

20-40 mg/kgBB/hr dalam dosis terbagi.

Pasien yg menjalani dialisis peritoneal Dosis maksimal:

500 mg setiap hari.

Gonococcal urethritis:

3 g sebagai dosis tunggal.

Cara Penyimpanan

Simpan dibawah suhu 30°C

Kemasan dan Sediaan

Dus, 10 strip @ 10 kaplet 500 mg

Izin BPOM

DKL1610809804A1

Harga

Rp 130.000/dus

Produsen

Sampharindo Perdana

Pendaftar

Berlico Mulia Farma