Beras Kencur Sidomuncul

Farmasi-id.com > Jamu > Jamu Kesehatan & Imunitas > Beras Kencur Sidomuncul

By | 17/09/2017

Kandungan dan Komposisi Beras Kencur Sidomuncul

  • Beras
  • Kencur
  • Jahe
  • Asam
  • Gula Palem

Manfaat 

Menyegarkan tubuh dan memperlancar aliran darah.

Aturan Minum

Seduh dengan ±150 ml air hangat atau dingin

Kemasan dan Sediaan

Sachet @ 25 gr

Izin BPOM

TR052243491

Harga

Rp 8.000/dus isi 5 sachet

Produsen

PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul

Sekilas Tentang Kaempferia Galanga (Kencur)

Rimpang kencur mengandung minyak asiri yang terdiri atas borneol, methyl-p-cumaric acid, dnnamicacid ethyl ester, pentadecane, cinnamic aldehyde, dan camphene. Selain itu, rimpang kencur mengandung alkoloid, mineral, flavonoid, pati, dan gum. Efek farmakologis tanaman kencur adalah untuk menambah daya tahan tubuh serta menghilangkan masuk angin dan kelelahan.

Bagian dari tanaman kencur yang dapat digunakan sebagai obat adalah rimpangnya. Berikut beberapa pemanfaatan rimpang kencur untuk pengobatan.

Berikut beberapa manfaat dari kencur:


  1. Mengobati tetanus.

  2. Mengatasi keracunan.

  3. Menghentikan muntah.

  4. Mengatasi masuk angin dan fatigue.

  5. Meningkatkan daya tahan tubuh.

Sekilas Tentang Zingiber Officinale (Jahe)

Tumbuhan Jahe mempunyai bau aromatik, rasa pedas, hangat dan tidak beracun.Rimpang jahe mengandung minyak asiri. Minyak asiri tersebut terdiri atas n-nonylaldehide, d-camphene, d-β-phellandrene, methyl heptenone, cineol, d-borneol, geraniol, lonalool, acetates, caprylate, citral, chavicol, gengerol, shogaol, dan zingiberene. Selain itu, rimpang jahe juga mengandung resin tepung kanji dan serat.

Efek farmakologis jahe adalah menambah nafsu makan, memperkuat lambung, peluruh kentut, peluruh keringat, pelancar sirkulasi darah, penurun kolesterol, antimuntah, antiradang, antibatuk, dan memperbaiki pencernaan. Hal ini dimungkinkan karena terangsangnya selaput lendir perut besar dan usus oleh minyak yang dikeluarkan rimpang jahe.

Sekilas tentang imunitas

Imunitas atau kekebalan adalah sistem mekanisme pada organisme yang melindungi tubuh terhadap pengaruh biologis luar dengan mengidentifikasi dan membunuh patogen serta sel tumor. Sistem ini mendeteksi berbagai macam pengaruh biologis luar yang luas, organisme akan melindungi tubuh dari infeksi, bakteri, virus sampai parasit, serta menghancurkan zat-zat asing lain dan memusnahkan mereka dari sel organisme yang sehat dan jaringan agar tetap dapat berfungsi normal. Deteksi sistem ini sulit karena adaptasi patogen dan memiliki cara baru agar dapat menginfeksi organisme.