Asi Kurang Lancar ? Minum Ramuan Ini

ASI sangat diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi, terutama bayi yang baru lahir. Apabila dibandingkan dengan meminum susu formula buatan pabrik, ASI memilki lebih banyak keunggulan dan asupan gizi yang lebih baik yang dibutuhkan oleh bayi. Pada saat bayi berusia 0 – 6 bulan merupakan usia yang baik untuk mendapatkan ASI ( ASI Ekslusif ). Pada usia itu juga bayi sangat memerlukan asupan nutrisi. ASI yang sehat, lancar dan ekslusif menjadi impian oleh para ibu. Namun, banyak dari mereka yang tidak memperoleh kelancaran ketika sedang berada dalam masa menyusui.

ASI Kurang lancar ? Minum Ramuan Ini

Sesungguhnya banyak faktor yang mempengaruhi produksi ASI. Salah satunya hormone prolactin dan oksitosin. Hormone prolaktin sangat berpengaruh terhadap produksi ASI dan untuk oksitosin berpengaruh terhadap proses pengeluaran ASI. Semakin banyak nutrisi yang masuk ke sang Ibu maka semakin banyak hormone prolaktin, dan semakin banyak pula produksi air susunya. Ibu menyusui biasanya di haruskan untuk memperhatikan makanan yang dikomsumsi agar ASI dapat diproduksi dengan lancar.

Tanaman herbal yang cocok untuk melancarkan ASI adalah daun katuk. Dalam 100 gr daun katuk terdapat protein 6,4 gr, energy 59 kkal, lemak 0,1 gr, serat 1,5 gr, hidrat arang 9,9 gr, abu 1,7 gr, fosfor 98 mg, kalsium 233 mg, besi 3,5 mg, vitamin A,B dan C 164 mg, air 81 gr, dan sebagainya. Tanaman katuk dapat meningkatkan produksi ASI karena efek hormonal dari kandungan kimia sterol di dalamnya yang bersifat estrogenic.

Berikut ini cara membuat racikan ramuan herbal untuk mengatasi produksi ASI yang tidak lancar.

Bahan :

  • Daun katuk secukupnya
  • 200 cc gelas air

Cara Meramu :

  • Cuci bersih daun katuk
  • Rebus daun katuk secukupnya dengan 200 cc air sampai mendidih
  • Angkat rebusan, lalu saring airnya
  • Sajikan ramuan ini dalam 1 gelas untuk sekali minum
  • Minum ramuan ini secara rutin 2 kali sehari ( pagi dan sore ) secara rutin


Powered by Farmasi-id.com

Leave a Comment