Araclof

Farmasi-id.com > Health > Araclof

By | 28/06/2015

Kandungan dan Komposisi

Diclofenac K.

Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan

Utk pengobatan jangka pendek pada inflamasi akut yang sangat nyeri pasca trauma, misalnya akibat terkilir, serta nyeri & inflamasi pasca operasi. Sebagai terapi tambahan pada nyeri inflamasi berat dr infeksi THT misalnya faringotonsilitis, otitis.

Dosis dan Aturan Pakai

Dws 100-150 mg/hari. Kasus yang lebih ringan & anak >14 thn 75-100 mg/hari. Dosis harian hrs diberikan dalam 2-3 dosis terbagi.

Pemberian Obat

Sebaiknya diberikan bersama makanan : Berikan segera sebelum makan.

Kontra Indikasi

Tukak lambung. Asma, urtikaria, atau rinitis akut yang dipicu oleh penggunaan asam asetil salisilat atau obat lain yang menghambat sintesis prostaglandin. Anak <14 tahun. Laktasi.

Perhatian

Gangguan GI, gangguan hati berat; gangguan fungsi jantung atau ginjal; pasien yang mendapat terapi diuretik; kekurangan vol ekstraselular. Hamil. Laktasi.

Efek Samping yang Mungkin Timbul

Nyeri epigastrium, mual, muntah, diare, kram perut, dispepsia, perut kembung, anoreksia, sakit kepala, pusing atau vertigo, mengantuk, gangguan sensasi (parestesis, ruam atau erupsi kulit); asma, reaksi anafilaksis atau anafilaktoid sistemik (hipotensi).

Interaksi Obat

Litium, digoksin, diuretik, AINS sistemik, antikoagulan, metotreksat, siklosporin.

Kategori Keamanan Kehamilan

C: Studi pada binatang percobaan telah memperlihatkan adanya efek samping pada janin (teratogenik atau embroisidal atau lainnya) dan tidak ada studi terkontrol pada wanita, atau studi pada wanita dan binatang percobaan tidak dapat dilakukan. Obat hanya boleh diberikan jika besarnya manfaat yang diharapkan melebihi besarnya risiko terhadap janin.

(pd trimester 3 atau menjelang persalinan)

D: Ada bukti positif mengenai risiko pada janin manusia, tetapi manfaat dari penggunaan obat ini pada wanita hamil dapat diterima meskipun berisiko pada janin (misalnya jika obat diperlukan untuk mengatasi situasi yang mengancam jiwa atau untuk penyakit serius dimana obat yang lebih aman tidak dapat digunakan atau tidak efektif).

Bentuk Sediaan, Kemasan/Harga

Araclof sugar-coated tablet 50 mg
5 × 10’s (Rp76,000/boks)

Izin BPOM

DKL0020612716B1

Produsen

Armoxindo Farma

Sekilas Tentang Diclofenac Sodium
Diclofenac sodium adalah salah satu bentuk dari diclofenac yang merupakan suatu obat antiinflamasi non steroid (OAINS) yang digunakan untuk mengobati nyeri akibat inflamasi seperti asam urat.

Diclofenac pertama kali dipatenkan pada tahun 1965 dan mulai digunakan di Amerika Serikat pada 1988. Selain tersedia dalam bentuk sodium ia juga tersedia dalam bentuk garam potassium. Berbagai macam nyeri yang dapat diatasi dnegan diclofenac seperti dismenore, nyeri asam urat, arthritis, rheumatoid arthritis, sakit gigi, nyeri akibat batu ginjal, dan sebagainya. Cara kerja diclofenac adalah menghalangi sintesis prostaglandin. Obat ini ternyata juga memiliki efek bakteriostatik yang dapat mengganggi dan menghambat sintesis DNA bakteri.