Kalkulator Angka Kecukupan Energi Individu (AKEI) Ibu Hamil dan Menyusui

Wanita hamil dan menyusui wajib mengetahui berapa kebutuhan energi yang diperlukan untuk menjalani aktifitas sehari-hari. Hal ini diperlukan untuk mengetahui apakah makanan dan minuman yang dikonsumsi mampu mencapai angka kebutuhan energi yang diperlukan atau tidak, agar ibu dan bayi tetap dalam keadaan sehat.

Pada wanita hamil dan menyusui masing-masing memerlukan tambahan sejumlah energi dari keadaan sehat sebelum hamil. Tambahan energi ini digunakan untuk pertumbuhan fetus, plasenta dan jaringan lain yang ada selama kehamilan, serta cadangan energi, berupa lapisan lemak tubuh.

Bagi ibu menyusui, tambahan energi ini digunakan untuk ASI dan memulihkan kesehatan setelah melahirkan. Prinsip perhitungannya sama dengan cara menghitung AKEI wanita dewasa kemudian ditambah dengan sejumlah energi tambahan.

Untuk mengetahui berapa kebutuhan energi (kalori) Anda per hari nya, Anda bisa menghitungnya dengan mudah dan cepat dengan menggunakan kalkulator Angka Kecukupan Energi Individu (AKEI) untuk wanita hamil dan menyusui di bawah ini.

Kalkulator AKEI Wanita Hamil Umur < 19 Tahun

Kalkulator AKEI Wanita Hamil Umur 20-29 Tahun

Kalkulator AKEI Wanita Hamil Umur 20-29 Tahun

Kalkulator AKEI Ibu Menyusui Umur < 19 Tahun

Kalkulator AKEI Ibu Menyusui Umur 20-29 Tahun

Kalkulator AKEI Ibu Menyusui Umur ≥ 30 Tahun