Antifungi Doen

By | Juli 31, 2021 |

Kandungan dan Komposisi Antifungi Doen

Kandungan dan komposisi produk obat maupun suplemen dibedakan menjadi dua jenis yaitu kandungan aktif dan kandungan tidak aktif. Kandungan aktif adalah zat yang dapat menimbulkan aktivitas farmakologis atau efek langsung dalam diagnosis, pengobatan, terapi, pencegahan penyakit atau untuk memengaruhi struktur atau fungsi dari tubuh manusia.

Jenis yang kedua adalah kandungan tidak aktif atau disebut juga sebagai eksipien. Kandungan tidak aktif ini fungsinya sebagai media atau agen transportasi untuk mengantar atau mempermudah kandungan aktif untuk bekerja. Kandungan tidak aktif tidak akan menambah atau meningkatkan efek terapeutik dari kandungan aktif. Beberapa contoh dari kandungan tidak aktif ini antara lain zat pengikat, zat penstabil, zat pengawet, zat pemberi warna, dan zat pemberi rasa. Kandungan dan komposisi Antifungi Doen adalah:

Tiap gram mengandung:

Asam Benzoat 60 mg

Asam Salisilat 30 mg

Cara Kerja Obat:

Asam salisilat ditambahkan ke dalam salep berfungsi sebagai zat antifungi (antijamur). Zat ini juga digunakan sebagai obat untuk berbagai penyakit kulit, seperti panu dan kutu air. Sedangkan asam benzoat dan garamnya berfungsi sebagai pengawet untuk mencegah pertumbuhan bakteri.

Indikasi:
Untuk mengobati gatal-gatal, panu, kadas, kudis, dan kutu air.

Kontra Indikasi :


Sekilas tentang kulit
Kulit merupakan organ terbesar tubuh yang memiliki luasnya sekitar 2 m2 dengan ketebalan rata-rata 1-2 mm. Kulit terdiri dari lapisan epidermis, dermis dan hipodermis atau subkutis.

Sebagai organ yang sangat penting bagi kelangsungan hidup, kulit memiliki fungsi menutupi dan melindungi organ-organ dibawahnya, mencegah infeksi, mengatur suhu tubuh, mengekskresi zat buangan, mensintesis vitamin D, dan menjadi sensor peraba.

Dosis dan Aturan Pakai Antifungi Doen

Dosis adalah takaran yang dinyatakan dalam satuan bobot maupun volume (contoh: mg, gr) produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) yang harus digunakan untuk suatu kondisi medis tertentu serta frekuensi pemberiannya. Biasanya kekuatan dosis ini tergantung pada kondisi medis, usia, dan berat badan seseorang. Aturan pakai mengacu pada bagaimana produk kesehatan tersebut digunakan atau dikonsumsi. Berikut ini dosis dan aturan pakai Antifungi Doen:

oleskan 3-4 kali sehari

Produk Lainnya Dengan Kandungan Salicylic Acid

Salicylic Acid – Farmasi-id.com Portal Informasi Obat

Produk Lainnya Dengan Kandungan Benzoic Acid

Benzoic Acid – Farmasi-id.com Portal Informasi Obat

Komentar

Leave a Reply

Email address will not be published. Required fields are marked *