Amylmetacresol

Farmasi-id.com > Obat THT > Amylmetacresol

By | 27/06/2019

Kandungan dan Komposisi Amylmetacresol

Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan

Amylmetacresol adalah suatu zat golongan antiseptik yang digunakan untuk mengatasi infeksi mulut dan tenggorokan. Zat ini sering dikombinasikan dengan dichlorobenzyl alcohol dan menthol untuk kemudian tersedia dalam bentuk tablet hisap (lozenge). Radang tenggorokan akut (faringitis) adalah salah satu penyakit tenggorokan yang paling sering diderita dimana ia disebabkan oleh virus dan biasanya sifatnya jinak dan dapat sembuh dengan sendirinya. Namun rasa sakit saat menelan menjadi salah satu dari gejala ketidaknyamanannya dan kombinasi amylmetacresol dengan bahan lainnya terbukti mampu dan efektif meredakan sakit pada gejala faringitis.

Farmakologi

Amylmetacresol dengan kombinasinya diketahui mampu mengurangi infeksi virus tertentu yang menyerang tenggorokan dan mengurangi peluang untuk terjadinya penularan dari individu satu ke individu lainnya. Zat ini diketahui dapat mengurangi sakit atau iritasi pada tenggorokan. Cara kerja zat ini yaitu dengan menghambat mediator inflamasi dan nyeri yang terlibat dalam proses peradangan selaput lendir mulut dan tenggorokan melalui proses denaturasi peningkatan protein eksternal atau efek selektif pada membran atau protein lipid virus. Zat ini selain termasuk dalam antivirus juga merupakan suatu antibakteri yang memblok Voltage-gated sodium channels dengan aksi menyerupai anestesi lokal.

Kontra Indikasi

  • Amylmetacresol dikontraindikasikan pemberiannya pada mereka yang memiliki alergi terhadap amylmetacresol dan pada kandungan tidak aktif lainnya yang terdapat di dalamnya;
  • Tidak untuk digunakan oleh anak berusia dibawah 6 tahun.

Efek Samping

Efek samping yang dapat terjadi akibat penggunaan amylmetacresol antara lain hipersensitif (ditandai dengan mual dan dispepsia), dan nyeri atau sakit pada lidah.

Peringatan dan Perhatian

  • Hindari menggunakan amylmetacresol jika memiliki alergi atau hipersensitivitas terhadapnya;
  • Keamananya untuk digunakan oleh wanita hamil dan menyusui belum diketahui dengan pasti.

Dosis dan Aturan Pakai

Sakit tenggorokan

Dewasa: Tablet hisap 0,6 mg amylmetacresol: 1 tablet hisap jika diperlukan. Maksimal 8 tablet hisap sehari.

Anak-anak 6-12 tahun: tablet hisap 0,6 mg amylmetacresol: 1 tablet hisap jika diperlukan. Maksimal 4 tablet hisap sehari.

Sediaan

Tablet hisap (lozenge) 0,6 mg

Cara Penyimpanan

  • Simpan dibawah suhu 30°C, terlindung dari cahaya;
  • Jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Nama Brand

Strepsils (dalam kombinasi dengan dichlorobenzyl alcohol dan ascorbic acid), Cepacol, Gorpils, Lorsept.