Aminoral

Komposisi :
Tiap kaplet salut selaput mengandung :

α-ketoisoleucine calcium salt

67 mg

α-ketoleucine calcium salt

101 mg

α-ketophenylalanine calcium salt

68 mg

α-ketovaline calcium salt

86 mg

α-hydroxymethionine calcium salt

59 mg

L-Lysine acetate

105 mg

L-Threonine

53 mg

L-Tryptophan

23 mg

L-Histidine

38 mg

L-Tyrosine

30 mg

Total kandungan Nitrogen/kaplet

36 mg

Kalsium/kaplet 1,25 mmol

50 mg

 

Aminoral Obat Apa?


Apa Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan Aminoral?

Indikasi merupakan petunjuk mengenai kondisi medis yang memerlukan efek terapi dari suatu produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) atau kegunaan dari suatu produk kesehatan untuk suatu kondisi medis tertentu. Aminoral adalah suatu produk kesehatan yang diindikasikan untuk:


Insufisiensi ginjal kronik dengan kondisi:

  • Diberikan bersama dengan diet tinggi kalori rendah protein < 40 g/hari
  • Retensi yang terkompensasi atau dekompensasi
  • Laju filtrasi glomerulus antara 5-50 ml/menit

Dosis dan cara pemakaian :

  • Insufisiensi ginjal kronik : Jika tidak diresepkan lain, 4-8 kaplet 3 kali sehari sewaktu makan
  • Retensi terkompensasi : Jika tidak diresepkan lain, 4-8 kaplet 3 kali sehari, bersama dengan nutrisi rendah protein, tinggi kalori dengan 0,5-0,6 gram protein/kg BB/hari yang mendekati 35-45 gram dan 150-170 KJ (35-10 kcal)/kg BB/hari
  • Retensi terdekompensasi : Jika tidak diresepkan lain, 4-8 kaplet 3 kali sehari, bersama dengan nutrisi rendah protein, tinggi kalori dengan 0,3-0,4 gram protein/kg BB/hari yang mendekati 20-30 gram dan 150-170 KJ (35-10 kcal)/kg BB/hari

Kaplet harus ditelan utuh.
Dosis ini untuk dewasa dengan berat badan ≥ 70 Kg.
Dosis maksimum 50 kaplet per hari.


Pertanyaan yang Sering Diajukan

Apakah Aman Menggunakan Aminoral Saat Mengemudi atau Mengoperasikan Mesin?

Jika Anda mengalami gejala efek samping seperti mengantuk, pusing, gangguan penglihatan, gangguan pernapasan, jantung berdebar, dan lain-lain setelah menggunakan Aminoral, yang dapat mempengaruhi kesadaran atau kemampuan dalam mengemudi maupun mengoperasikan mesin, maka sebaiknya Anda menghindarkan diri dari aktivitas-aktivitas tersebut selama penggunaan dan konsultasikan dengan dokter Anda.

Bagaimana Jika Saya Lupa Menggunakan Aminoral?

Jika Anda lupa menggunakan Aminoral, segera gunakan jika waktunya belum lama terlewat, namun jika sudah lama terlewat dan mendekati waktu penggunaan berikutnya, maka gunakan seperti dosis biasa dan lewati dosis yang sudah terlewat, jangan menggandakan dosis untuk mengganti dosis yang terlewat. Pastikan Anda mencatat atau menyalakan pengingat untuk mengingatkan Anda mengenai waktu penggunaan obat agar tidak terlewat kembali.

Apakah Saya Dapat Menghentikan Penggunaan Aminoral Sewaktu-waktu?

Beberapa obat harus digunakan sesuai dengan dosis yang diberikan oleh dokter. Jangan melebih atau mengurangi dosis obat yang diberikan oleh dokter secara sepihak tanpa berkonsultasi dengan dokter. Obat seperti antibiotik, antivirus, antijamur, dan sebagainya harus digunakan sesuai petunjuk dokter untuk mencegah resistensi dari bakteri, virus, maupun jamur terhadap obat tersebut. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini.

Jangan menghentikan penggunaan obat secara tiba-tiba tanpa sepengetahuan dokter, karena beberapa obat memiliki efek penarikan jika penghentian dilakukan secara mendadak. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini.

Bagaimana Cara Penyimpanan Aminoral?

Setiap obat memiliki cara penyimpanan yang berbeda-beda, cara penyimpanan dapat Anda ketahui melalui kemasan obat. Pastikan Anda menyimpan obat pada tempat tertutup, jauhkan dari panas maupun kelembapan. Jauhkan juga dari paparan sinar Matahari, jangkauan anak-anak, dan jangkauan hewan.

Bagaimana Penanganan Aminoral yang Sudah Kedaluwarsa?

Jangan membuang obat kedaluwarsa ke saluran air, tempat penampungan air, maupun toilet, sebab dapat berpotensi mencemari lingkungan. Juga jangan membuangnya langsung ke tempat pembuangan sampah umum, hal tersebut untuk menghindari penyalahgunaan obat. Hubungi Dinas Kesehatan setempat mengenai cara penangangan obat kedaluwarsa.


Apa Efek Samping Aminoral?

Efek Samping merupakan suatu efek yang tidak diinginkan dari suatu obat. Efek samping ini dapat bervariasi pada setiap individu tergantung pada pada kondisi penyakit, usia, berat badan, jenis kelamin, etnis, maupun kondisi kesehatan seseorang. Efek samping Aminoral yang mungkin terjadi adalah:


Dapat terjadi hiperkalsemia, maka kadar kalsium dalam serum harus dipantau secara periodik.

Peringatan dan perhatian :

  • Pemberian kalori pada penderita harus cukup
  • Hati-hati jika diberikan bersama dengan obat yang mengandung kalsium karena bisa terjadi hiper-kalsemia. Oleh karena itu harus dilakukan pemeriksaan kadar kalsium secara periodik
  • Tidak dianjurkan diberikan bersama dengan obat yang sukar larut dengan kalsium (misalnya tetrasiklin)
  • Selama ini belum ada pengalaman penggunaan pada kehamilan dan anak-anak

Kontra indikasi:
Hiperkalsemia, gangguan metabolisme asam amino.

Interaksi obat:

  • Dengan perbaikan gejala uremia oleh Aminoral®, pemberian aluminium hidroksida sebaiknya dikurangi. Perhatikan penurunan fosfat serum
  • Pemberian bersama obat yang membentuk senyawa yang kurang baik kelarutannya dalam kalsium (misalnya tetrasiklin) dapat menghambat absorpsi Aminoral®

Kemasan :
Dus @ 100 kaplet salut selaput (10 strip @ 10 kaplet salut selaput).
DKL 0624221509A1

HARUS DENGAN RESEP DOKTER

SIMPAN DI BAWAH SUHU 30°C
TERLINDUNG DARI CAHAYA

PT SOHO INDUSTRI PHARMASI
Jl. Pulogadung No. 6
JAKARTA – INDONESIA

Sekilas Tentang SOHO
Sejarah SOHO dimulai oleh pengusaha asal Bangka Tan Tjhoen Lim yang pada tahun 1946 mendirikan suatu perusahaan bernama N.V. Ethica Handel Maatschappij yang memproduksi obat-obatan dengan sediaan injeksi. Setelah itu perusahaan ini berubah namanya menjadi PT. Ethica Industri Farmasi. Perusahaan ini sekaligus menjadi perusahaan farmasi pertama ia miliki. Setelah perusahaan ini sukses, maka pada 1951, Tan Tjhoen Lim mendirikan PT. Soho Industri Farmasi yang memproduksi obat-obatan herbal yang kemudian pada 1996 mulai memproduksi produk-produk obat bebas (OTC). Nama "SOHO" sendiri merupakan singkatan dari "Societas Honorabilis" yang berarti "perkumpulan orang-orang terhormat".

Usaha Tan Tjhoen Lim berkembang dengan pesat kemudian ia mendirikan lagi beberapa perusahaan yang bergerak di berbagai bidang produk dan layanan seperti PT. Parit padang Global, bergerak dibidang distribusi produk obat dan alat kesehatan. Selain itu ada PT. Global Harmony Retailindo yang bergerak dibidang layanan apotek, klinik, laboratorium, dan ritel. Adalagi PT. Unihealth (Universal Health Network) yang bergerak dibidang penjualan langsung dan netrowk marketing untuk produk-produk suplemen, vitamin, makanan kesehatan, dan produk-produk perawatan kulit. Setelah Tan Tjhoen Lim meninggal, tongkat estafet kepemimpinan perusahaan-perusahaan ini dipegang oleh penerusnya yakni Tan Eng Liang. Karena ingin mempermudah koordinasi, maka Tan Eng Liang mendirikan SOHO Group yang menjadi group dari perusahaan-perusahaan tadi.

Saat ini Soho Group memiliki sekira 6000 karyawan dengan jumlah varian produk mencapai lebih dari 350 produk yang dipasarkan hingga ke mancanegara seperti Malaysia, Myanmar, Nigeria, Brunei, Mongolia, Vietnam, Suriname, dan masih banyak lagi. Pada 1 Oktober 2013, SOHO Group resmi mengubah namanya menjadi Soho Global Health untuk menyesuaikan dinamika bisnis yang semakin berkembang.