Acelamine

By | Juli 8, 2019 | Farmasi-id.com > Health > Acelamine

Deskripsi

Acelamine adalah obat yang umumnya digunakan untuk mengobati sakit kepala, sakit gigi, sakit kuping, nyeri sendi, nyeri haid, demam, kelelahan, mencegah penyakit batu empedu, meningkatkan performa atletik.

Acelamine dapat diresepkan untuk kegunaan lain; tanyakan pada dokter atau apoteker Anda untuk informasi lebih lanjut.

Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan Acelamine

Indikasi merupakan petunjuk mengenai kondisi medis yang memerlukan efek terapi dari suatu produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) atau kegunaan dari suatu produk kesehatan untuk suatu kondisi medis tertentu. Berikut ini indikasi dari Acelamine:

Untuk mengobati sakit kepala, sakit gigi, sakit kuping, nyeri sendi, nyeri haid, demam, kelelahan, mencegah penyakit batu empedu, meningkatkan performa atletik.

Dosis dan Aturan Pakai Acelamine

Dosis adalah takaran yang dinyatakan dalam satuan bobot maupun volume (contoh: mg, gr) produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) yang harus digunakan untuk suatu kondisi medis tertentu serta frekuensi pemberiannya. Biasanya kekuatan dosis ini tergantung pada kondisi medis, usia, dan berat badan seseorang. Aturan pakai mengacu pada bagaimana produk kesehatan tersebut digunakan atau dikonsumsi. Berikut ini dosis dan aturan pakai Acelamine:

Dewasa:

  • Untuk sakit kepala atau menyembuhkan gangguan mental: 250 mg per hari
  • Untuk kelelahan: 150-600 mg
  • Untuk meningkatkan performa atletik: 2-10 mg/kg atau lebih
  • Untuk sakit kepala setelah anestesi epidural: 300 mg
  • Untuk pencegahan penyakit batu empedu: konsumsi 400 mg per hari

Anak-anak:

Dosis belum ditentukan pada pasien anak-anak. Mungkin saja berbahaya untuk anak Anda. Sangatlah penting untuk selalu mengerti keamanan dari obat sebelum mengkonsumsinya. silakan konsultasikan pada dokter atau apoteker untuk informasi lebih lanjut.

Pemberian Obat Acelamine

  • Tersedia dalam bentuk tablet untuk dikonsumsi melalui mulut, dengan atau tanpa makanan, telan tablet dengan segelas air
  • Tanyakan pada dokter Anda pertanyaan apapun yang Anda miliki mengenai bagaimana menggunakan obat ini

Peringatan dan Perhatian Penggunaan Acelamine

Konsultasikan pada dokter atau apoteker apabila:

  • Anda hamil atau menyusui. Hal ini dikarenakan, ketika Anda sedang mengharapkan atau memberi makan bayi, Anda hanya boleh mengkonsumsi obat yang direkomendasikan dokter
  • Anda mengonsumsi obat-obatan lain. Termasuk juga obat yang dapat dibeli tanpa resep, seperti herbal dan obat tambahan
  • Anda memiliki alergi terhadap bahan-bahan aktif atau non aktif dari Acelamine atau pengobatan lain
  • Anda memiliki penyakit, kelainan, atau kondisi medis lainnya, seperti: obstruksi leher kandung kemih dan hipertensi, penyakit jantung, penyakit ginjal, penyakit liver, masalah perut (tukak lambung, necrotizing enterocolitis), kejang

Kategori Keamanan Penggunaan Acelamine Pada Wanita Hamil

Kategori keamanan penggunaan obat untuk wanita hamil atau pregnancy category merupakan suatu kategori mengenai tingkat keamanan obat untuk digunakan selama periode kehamilan apakah memengaruhi janin atau tidak. Kategori ini tidak termasuk tingkat keamanan obat untuk digunakan oleh wanita menyusui. FDA (Badan Pengawasan Obat dan Makanan Amerika Serikat) mengkategorikan tingkat keamanan obat untuk wanita hamil menjadi 6 (enam) kategori yaitu A, B, C, D, X, dan N. Anda bisa membaca definisi dari setiap kategori tersebut di sini. Berikut ini kategori tingkat keamanan penggunaan Acelamine untuk digunakan oleh wanita hamil:

Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C menurut US Food and Drug Administration (FDA).

Interaksi Obat Acelamine

Interaksi obat merupakan suatu perubahan aksi atau efek obat sebagai akibat dari penggunaan atau pemberian bersamaan dengan obat lain, suplemen, makanan, minuman, atau zat lainnya. Interaksi obat Acelamine antara lain:

Berikut adalah beberapa interaksi yang dapat terjadi ketika mengkonsumsi Acelamine dengan obat lain:

  • Fluconazole, Ketoconazole: menghasilkan peningkatan level kafein
  • Phenytoin, Fosphenytoin, Phenobarbital: menghasilkan penurunan level kafein
  • Dopamine, Dobutamine: dapat menyebabkan peningkatan detak jantung
  • Adenosine – Kafein menurunkan kemanjuran dari adenosine dengan menghambat peresap adenosine, untuk itu dosis tinggi adenosine dapat dianjurkan untuk cardioversion
  • Antibiotic (quinolone antibiotic): beberapa antibiotic dapat menurunkan dengan cepat cafcit tubuh. Mengonsumsi antibiotik bersama dengan acelamine dapat meningkatkan risiko efek samping termasuk kegugupan, sakit kepala, peningkatan detak jantung, dan efek samping lainnya
  • Cimetidine (Tagamet): Cimetidine (Tagamet) dapat menurunkan dengan cepat kafein tubuh. Mengkonsumsi cimetidine (Tagamet) bersama dengan cafcit dapat meningkatkan risiko efek samping kafein termasuk kegugupan, sakit kepala, peningkatan detak jantung, dan efek samping lainnya
  • Lithium: cafcit dapat meningkatkan kecepatan tubuh menyingkirkan lithium dari tubuh. Jika Anda mengkonsumsi produk yang mengandung kafein dan Anda juga mengkonsumsi lithium, berhenti mengkonsumsi produk kafein perlahan. Berhenti terlalu cepat juga dapat meningkatkan efek samping pada lithium
  • Pil KB: pil KB dapat menurunkan kecepatan tubuh menyingkirkan cafcit. Mengkonsumsi cafcit bersamaan dengan pil KB dapat menyebabkan kegugupan, sakit kepala, detak jantung cepat, dan efek samping lainnya
  • Alkohol

Efek Samping Acelamine

Efek Samping merupakan suatu efek yang tidak diinginkan dari suatu obat. Efek samping ini dapat bervariasi pada setiap individu tergantung pada pada kondisi penyakit, usia, berat badan, jenis kelamin, etnis, maupun kondisi kesehatan seseorang. Berikut ini beberapa efek samping yang mungkin dapat terjadi setelah pemberian Acelamine:

  • Merasa sakit
  • Kemerahan kulit
  • Reaksi alergi
  • napas pendek
  • Pembengkakan pada beberapa bagian wajah
  • Kerusakan liver

Kemasan dan Sediaan Acelamine

Acelamine tablet 500mg/2mg/12.5mg/30mg kafein.

Cara Penyimpanan Acelamine

Acelamine paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Nama Generik

Acelamine

Nama Brand Acelamine

Pertanyaan yang Sering Diajukan
Apakah Aman Menggunakan Acelamine Saat Mengemudi atau Mengoperasikan Mesin?

Jika Anda mengalami gejala efek samping seperti mengantuk, pusing, gangguan penglihatan, gangguan pernapasan, jantung berdebar, dan lain-lain setelah menggunakan Acelamine, yang dapat mempengaruhi kesadaran atau kemampuan dalam mengemudi maupun mengoperasikan mesin, maka sebaiknya Anda menghindarkan diri dari aktivitas-aktivitas tersebut selama penggunaan dan konsultasikan dengan dokter Anda.

Bagaimana Jika Saya Lupa Menggunakan Acelamine?

Jika Anda lupa menggunakan Acelamine, segera gunakan jika waktunya belum lama terlewat, namun jika sudah lama terlewat dan mendekati waktu penggunaan berikutnya, maka gunakan seperti dosis biasa dan lewati dosis yang sudah terlewat, jangan menggandakan dosis untuk mengganti dosis yang terlewat. Pastikan Anda mencatat atau menyalakan pengingat untuk mengingatkan Anda mengenai waktu penggunaan obat agar tidak terlewat kembali.

Apakah Saya Dapat Menghentikan Penggunaan Acelamine Sewaktu-waktu?

Beberapa obat harus digunakan sesuai dengan dosis yang diberikan oleh dokter. Jangan melebih atau mengurangi dosis obat yang diberikan oleh dokter secara sepihak tanpa berkonsultasi dengan dokter. Obat seperti antibiotik, antivirus, antijamur, dan sebagainya harus digunakan sesuai petunjuk dokter untuk mencegah resistensi dari bakteri, virus, maupun jamur terhadap obat tersebut. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini.

Jangan menghentikan penggunaan obat secara tiba-tiba tanpa sepengetahuan dokter, karena beberapa obat memiliki efek penarikan jika penghentian dilakukan secara mendadak. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini

Bagaimana Cara Penyimpanan Acelamine?

Setiap obat memiliki cara penyimpanan yang berbeda-beda, cara penyimpanan dapat Anda ketahui melalui kemasan obat. Pastikan Anda menyimpan obat pada tempat tertutup, jauhkan dari panas maupun kelembapan. Jauhkan juga dari paparan sinar Matahari, jangkauan anak-anak, dan jangkauan hewan.

Bagaimana Penanganan Acelamine yang Sudah Kedaluwarsa?

Jangan membuang obat kedaluwarsa ke saluran air, tempat penampungan air, maupun toilet, sebab dapat berpotensi mencemari lingkungan. Juga jangan membuangnya langsung ke tempat pembuangan sampah umum, hal tersebut untuk menghindari penyalahgunaan obat. Hubungi Dinas Kesehatan setempat mengenai cara penangangan obat kedaluwarsa.
Berikan Ulasan Produk Ini

Seberapa Baik Produk Ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Peringkat rata-rata: 0 / 5. Jumlah pemberi peringkat: 0

Belum ada pemeringkatan, jadilah yang pertama.

Leave a Reply

Email address will not be published. Required fields are marked *

Cara Mengutip Untuk Daftar Pustaka
Jika Anda ingin mengutip tulisan ini pada daftar pustaka, Anda bisa melakukannya dengan menggunakan berbagai format berikut ini:

Format APA (American Psychological Association)

Farmasi-id.com. (2017, 17 April). Acelamine. Diakses pada 7 Juni 2020, dari https://www.farmasi-id.com/acelamine/


Format MLA (Modern Language Association)

"Acelamine". Farmasi-id.com. 17 April 2017. 7 Juni 2020. https://www.farmasi-id.com/acelamine/


Format MHRA (Modern Humanities Research Association)

Farmasi-id.com, "Acelamine", 17 April 2017, <https://www.farmasi-id.com/acelamine/> [Diakses pada 7 Juni 2020]


Bagikan ke Rekan Anda